Inovasi Produk Kecantikan: Masker Organik Berbahan Alami dengan Sentuhan Teknologi

Produk Kecantikan Berupa Masker Organik Berbahan Alam.
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung, Lampung – Masa remaja identik dengan berbagai perubahan hormon yang memicu berbagai permasalahan kulit, seperti jerawat, minyak berlebih, dan kusam.

Pencegahan Kenakalan Remaja dan Tawuran: Patroli Malam oleh Polres Metro Lampung

Jerawat muncul akibat produksi sebum berlebih yang menyumbat pori-pori, sedangkan minyak berlebih disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang aktif. Kulit kusam dapat diakibatkan oleh dehidrasi, paparan sinar matahari, dan penumpukan sel kulit mati.

Permasalahan kulit ini dapat menurunkan rasa percaya diri remaja, sehingga penting untuk memahami cara merawat kulit dengan tepat. Penggunaan hal tersebut perlu diimbangi dengan mencermati keamanan dari bahan yang digunakan.

Oleh karena itu, diperlukan suatu suplemen kesehatan kulit multifungsi yang alami sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran bagi konsumen saat menggunakannya.

Terlibat Tawuran, Polisi Tetapkan Empat Remaja di Bandar Lampung Jadi Tersangka

Umumnya jenis bahan alami yang dibutuhkan oleh konsumen pada produk kosmetika maupun suplemen untuk menjaga kesehatan kulitnya adalah kolagen.

Maka dari itu Tim PKM-K Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Lampung yang diketuai oleh Nindy Adelline dengan beranggotakan Rahma Dwi Lestari, Anna Fitri Yani, Bagas Qamara Putra, dan Nessa Maharani Putri dengan Dosen Pendamping yaitu Bapak Esa Ghanim Fadhallah S.Pi., M.Si.   membuat Suplemen Alami Multifungsi berbasis Nanokolagen Limbah Sisik Ikan Bandeng (Chanos chanos) dan Beras Kencur untuk Kesehatan Kulit Remaja.

Penggabungan bahan-bahan alami seperti beras dan kencur yang juga memanfaatkan limbah sisik ikan bandeng sebagai media untuk meningkatkan efektivitas kolagen dengan sentuhan teknologi untuk memperkecil ukuran partikel dari kolagen hingga menjadi nanokolagen yang mampu meningkatkan kemampuan kolagen untuk menyerap ke dalam tubuh secara lebih maksimal.

Manfaat dari produk kecantikan berbahan dasar alami yaitu untuk mengobati jerawat, mencegah munculnya tanda penuaan kulit,  mencerahkan kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, membantu melembabkan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan dini, dan membantu mengatasi masalah jerawat. (*)