BMKG: Siklon Tropis Herman Bergerak Menjauhi Indonesia

BMKG: Siklon Tropis Herman Bergerak Menjauhi Indonesia
Sumber :
  • Antara

VIVA Lampung, Nasional – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa siklon tropis Herman yang terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Nelayan yang Tenggelam saat Mencari Ikan di Pesisir Barat Ditemukan Meninggal Dunia

"Siklon tropis Herman bergerak ke arah timur tenggara menjauhi wilayah Indonesia," kata Deputi Meteorologi BMKG, Guswanto di Jakarta pada hari Jumat.

Ia menambahkan bahwa posisi siklon tropis tersebut berada sekitar 1.100 km sebelah barat daya Cilacap. Intensitas siklon tropis diperkirakan akan menurun dalam 24 jam ke depan.

Menurut IDAI Cuaca Ekstrem Sebabkan Anak Mudah Dehidrasi Hingga Mimisan

Guswanto menyatakan bahwa siklon tropis Herman memberikan dampak tidak langsung pada cuaca di Indonesia dalam 24 jam ke depan, menyebabkan hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang di wilayah Pesisir Barat Bengkulu, Sumatera Selatan, Pesisir Barat Lampung, Pesisir Selatan Banten, Pesisir Selatan Jawa Barat, Pesisir Selatan Jawa Tengah, Pesisir Selatan Yogyakarta, serta Pesisir Selatan Jawa Timur.

Selain itu, ia mengatakan bahwa siklon tropis tersebut juga memberikan dampak tidak langsung pada tinggi gelombang perairan Indonesia. Tinggi gelombang yang berkisar antara 1,25-2,5 meter berpotensi terjadi di Perairan Barat Bengkulu.

Niat Beserta Tata Cara Salat Gerhana Matahari dan Bulan

Sementara itu, tinggi gelombang 2,5-4 meter berpotensi terjadi di perairan sekitar Pulau Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, Teluk Lampung bagian Selatan, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Timur, serta Samudra Hindia Selatan Banten hingga Jawa Timur. (antara)