Dari Anak Petani Jadi Kabid Humas Polda Lampung: Kisah Inspiratif Kombes Umi Fadilah Astutik

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah.
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung, Lampung – Siapa sangka, seorang anak petani dari Jombang kini sukses menjabat sebagai Kabid Humas Polda Lampung? Kisah inspiratif Kombes Pol Umi Fadilah Astutik membuktikan bahwa dengan kerja keras, semangat pantang menyerah, dan keteguhan hati, kita dapat meraih segala cita-cita.

Kisah Inspiratif! Dari Tukang Kebun Jadi Dosen di IIB Darmajaya Lampung

Terlahir menjadi anak seorang petani di Jombang, Umi Fadilah Astutik memulai karirnya menjadi anggota Polri lewat jalur Bintara Polri yang lulus tahun 1993 lalu  meraih Kombes tahun 2021.

Setelah lulus dari Sekolah Bintara Polri tahun  1993,  meraih pangkat perwira (Letda/Ipda) pada tahun 1998 dengan tugas pertama sebagai Panit Jatum Dept Interpol, Set NCB-Interpol Indonesia. Kemudian pernah menjadi ajudan Menteri Perdagangan dan Perindustrian RI tahun 2003 (Menteri Ibu Rini Suwandi), menjabat Koorspripim Polda Banten, Kapolres Metro, Kasubagrenmin Spripim Polri, Kabagdisindig Romulmed Divhumas Polri lalu menjabat Kabidhumas Polda Lampung. 

TNI-Polri dan Pemkab Lampung Selatan Bersatu Lawan Kekeringan, Ribuan Liter Air Bersih Disalurkan

Untuk pendidikan kepolisian  dimulai Seba Milsuk 1993, D3 PTIK 1997, Setukpa 1998, PTIK 2004 dan Sespimen 2013.

Saat ini sudah 2 pendidikan dan latihan bergengsi yang dilaksanakannya yakni pelatihan reserse di ILEA (International Law Enforcement Academy) Bangkok, Thailand tahun 1999 dan  Dikbangpes Inspektur Bahasa Inggris Intermediate  pada tahun 2000.

Senyum Haru Lansia di Tulang Bawang Saat Dapat Layanan Kesehatan Gratis dari Polri

Umi Fadilah Astutik lahir di Jombang, merupakan anak ke 3 dari 5 bersaudara dari pasangan Suratin dan Yatmini. 

Saat ini telah menikah dengan Sigit Listyanto dan dikaruniai 3 putra/putri, Nandya Gitsa Putra yang sedang menempuh kuliah,  Nindya Gifa Putri kelas XII dan Nandre Gitsa Putra kelas X. 

Halaman Selanjutnya
img_title