Jelang Idul Adha, Pemkot Bandar Lampung Cek Kesehatan Hewan Kurban di Lapak Penjualan

Petugas pemeriksaan kesehatan hewan kurban.
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung, Lampung – Menjelang Idul Adha 2024, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bandar Lampung melakukan pengecekan kesehatan hewan di lapak penjualan hewan kurban. Pengecekan hewan kurban dilakukan di sejumlah lapak yang ada di 20 kecamatan se-Bandar Lampung.

Pemeriksaan meliputi mulut, mata, kaki, kulit dan kebugaran hewan. Belasan ekor kambing dan sapi ditempat ini dinyatakan sehat. Petugas kemudian memberikan surat keterangan bahwa hewan di lapak pedagang ini sehat.

"Kita pastikan hewan kurban di Bandar Lampung memenuhi unsur aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH). Mulai dari usianya juga harus diperhatikan," kata Erwin, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bandar Lampung, Selasa (11/6/2024).

Erwin menjelaskan usia kambing layak kurban minimal satu tahun. Sedangkan untuk hewan kurban sapi minima 2 tahun.

Atas pemeriksaakn yang dilakukan pihaknya, Erwin menyebut sampai saat ini hewan kurban di Bandar Lampung layak jual.

"Semuanya bagus, dilengkapi surat sehat juga, lalu tidak ditemukan PMK dan LSD," jelasnya.

Erwin pun mengungkapkan kebutuhan hewan kurban di Bandarlampung pada tahun ini berjumlah 5.500 ekor yang terdiri dari sapi dan kambing.

"Untuk sapi kebutuhan sekitar 2.000 ekor dan kambing 3.500 ekor. Guna memenuhi kebutuhan hewan kurban di kota ini biasanya disuplai dari daerah lain, seperti Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Timur, dan Lampung Tengah," ungkapnya.

Tak hanya melakukan pengecekan di lapak penjual kurban, mendekati Idul Adha, pihkanya juga akan melakukan pengecekan di masjid.

"Kita juga akan cek ke masjid, kita pastikan hewan kurban yang akan disembelih benar-benar aman konsumsi," pungkasnya.(*)

Masjid Al Iman Gedong Meneng Kurban 9 Sapi dan 20 Domba Dalam Perayaan Idul Adha 1445 Hijriah