Ini Penyebab Suara Letusan dan Kepulan Asap di Kawah Keramikan Suoh, BMKG Lampung Berikan Penjelasan

Pantauan udara Kawah Nirwana Souh, Kabupaten Lampung Barat.
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung, Lampung – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memberikan penjelasan terkait Letusan yang terjadi di kawasan wisata yang masuk dalam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Lampung Barat, terjadi sekitar pukul 08.30 WIB, Jumat (24/5/2024).

Dikutip dari akun Instagram BMKG Lampung @bmkglampung bahwa letusan yang terjadi di Kawah Nirwana Suoh, Lampung Barat merupakan gempa vulkanik.

"Letusan sebanyak 3 kali di wilayah kawah nirwana Suoh Lampung Barat. Akibat dari letusan ini muncul suara gemuruh dan juga asap tebal yang cukup tinggi, aktivitas ini dicipu oleh gempa vulkanik di wilayah tersebut," tulis akun @bmkglampung.

BMKG Lampung meminta masyarakat untuk tidak melalukan aktivitas di sekitar kawah karena dikhawatirkan terjadi erupsi susulan.

"Masyarakat untuk tidak melalukan aktivitas di sekitar kawah untuk mengantisipasi erupsi susulan," bebernya.

Untuk mengetahui kondisi selanjutnya, BMKG akan terus melakukan monitoring aktivitas gempa bumi di wilayah tersebut untuk mengantisipasi jika terjadi gempa lainnya yang dapat berdampak.

"Gempa vulkanik adalah jenis gempa bumi yang berkaitan dengan aktivitas vulkanik. Ketika isi bumi naik menuju permukaan, tekanan yang dihasilkan dapat menyebabkan retakan pada batuan sekitarnya, yang kemudian menimbulkan getaran atau gempa," lanjutnya.

Diketahui, Suara letusan dengan diiringi asap tebal muncul dari kawasan wisata Kawah Nirwana yang berada di di Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Lampung.  Letusan tersebut membuat heboh masyarakat karena peristiwa ini pertama kalinya terjadi di wilayah wisata Suoh.

Letusan yang terjadi di kawasan wisata yang masuk dalam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Lampung Barat, terjadi sekitar pukul 08.30 WIB, Jumat (24/5/2024).

Dari video amatir yang beredar, terlihat kepulan asap tebal muncul dari kawah. Warga secara spontan merekam kejadian dan suara gemuruh yang terdengar.

Meskipun kejadian ini tergolong biasa di sekitar kawah, namun erupsi kali ini cukup besar dari biasanya.(*)

Heboh! Suara Dentuman Diiringi Kepulan Asap Tebal Muncul dari Kawah Keramikan Suoh Lampung Barat

Wisata Kawah Nirwana Suoh mengeluarkan asap dan suara letusan.

Photo :
  • Istimewa