Pengguna QRIS di Lampung Tembus 1,2 Juta, Segini Nilai Transaksinya

Bincang bersama Bank Indonesia Lampung
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Riduan

Lampung – Pengguna dan Transaksi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) terus bertumbuh di Lampung. 

Foila Bakal Sampaikan Proyek Investasi Lampung yang Siap Ditawarkan

Terkini, Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Lampung menyampaikan transaksi QRIS mencapai lebih dari Rp800 miliar di triwulan I dengan jumlah pengguna sebanyak 1,2 juta per Maret 2024.

"Frekuensi penggunaan QRIS sudah hampir 7 juta kali di Lampung, kemudian penambahan pengguna sudah 1,2 juta. Selanjutnya apabila nilainya (transaksi) itu sudah lebih dari Rp800 miliar," kata Arry Priyanto, Kepala Tim Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Provinsi Lampung, Rabu (8/5/2024) di Randu Resto. 

Melalui SIMOLEK Goes To School, OJK Berikan Edukasi Guru dan Pelajar di Lampung Utara

Lebih lanjut Arry Priyanto memaparkan, kebijakan dan inovasi QRIS diarahkan sebagai entry point ke ekosistem digital bagi UMKM untuk mendukung inklusi dan konektivitas.

Hal tersebut sesuai dengan hasil rapat dewan gubernur pada 24 April 2024 yakni kebijakan sistem pembayaran diarahkan untuk memperkuat keandalan infrastruktur dan struktur industri sistem pembayaran, serta memperluas digitalisasi sistem pembayaran.

Bank Indonesia: Ekonomi Lampung Triwulan I 2024 Tumbuh Melambat

Kemudian, penguatan literasi digital dan manajemen risiko penyelenggara dan masyarakat pengguna sistem pembayaran. Termasuk berbagai inovasi yang mendukung inisiatif tersebut, guna memperkuat stabilitas sistem pembayaran dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Sementara untuk pertumbuhan user pengguna QRIS hingga Maret 2024 di Provinsi Lampung tercatat 1.188 ribu yakni bertambah 14.312 atau tumbuh 3,43 persen (ytd) dibanding Desember 2023," paparnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title