Waspada! DBD Menelan Korban Jiwa, Seorang Anak di Lampung Meninggal Dunia

Jumlah pasien DBD di Kabupaten Tulang Bawang, meningkat.
Sumber :
  • Istimewa

Tulang Bawang, Lampung – Serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Provinsi Lampung menelan korban jiwa. Seorang anak berusia 9 tahun, bernama Azalea Alika, warga Kampung Penawar Jaya, Kecamatan Banjarmargo, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung meninggal akibat terkena penyakit demam berdarah dengue.

Sebelum dibawa ke rumah sakit, Azalea sempat sakit panas selama lima hari yang tak kunjung turun. Azalea sempat dirawat di puskesmas dekat rumahnya akibat menderita demam tinggi dan trombositnya turun. Pasien akhirnya meninggal dunia, setelah dirujuk dan dirawat di Rumah Sakit Mutiara Bunda.

"Jadi setelah kelihatan sehat kami bawa pulang. Tapi paginya di bagian lengan kanan ada bintik-bintik merah, panik langsung kami bawa ke RS Mutiara Bunda," kata Hardi (52), Orang Tua Almarhumah.

Hardi menjelaskan putri kecilnya meninggal dunia setelah terjangkit DBD.Sebelum meninggal dunia putrinya sempat sakit panas selama lima hari. "Sebelum dibawa ke rumah sakit, korban sempat dilarikan ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan," jelasnya.

Sejak Februari 2024, Rumah Sakit Mutiara Bunda telah merawat 52 pasien yang terjangkit DBD. Pasien-pasien di rumah sakit ini rata-rata tersebar dari Kecamatan Banjarmargo dan Kecamatan Banjarbaru.

Di rumah sakit tersebut saat ini terdapat 6 orang pasien DBD yang masih dirawat. Para pasien umumnya orang dewasa.

"Dari awal tahun, tercatat sudah ada 52 pasien DBD yang masuk. Penyebaran DBD ini cukup merata, tapi memang akhir-akhir ini di Kecamatan Banjar Agung penyebaran DBD mengalami kenaikan," kata Dokter RS Permata Bunda, Reza Pahlevi.

Reza Pahlevi menghimbau warga untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. Jangan biarkan genangan air di sekitar lingkungan rumah karena akan menjadi sarang berkembangbiaknya nyamuk demam berdarah.

"Warga untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk di tempat penyimpanan air dan membersihkan sampah-sampah karena kasus DBD mulai mengalami peningkatan," tandasnya. (*)

Dua Ponpes di Lampung Selatan Menjadi Sasaran Fogging Unit KBRN Brimob

Jumlah pasien DBD di Kabupaten Tulang Bawang, meningkat.

Photo :
  • Istimewa