Jaga Stabilitas Harga dan Laju Inflasi, Pemkab Tubaba Bersama Bulog Gelar Pasar Murah

Pemkab Tubaba Bersama Bulog Gelar Pasar Murah
Sumber :
  • Istimewa

Tubaba, Lampung – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bekerja sama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) KCP Menggala, telah melaksanakan operasi pasar murah pada Kamis (21/9/2023).

Sekdaprov: Indeks Keberdayaan Konsumen di Lampung Naik jadi 55,47 persen

Operasi pasar ini dilakukan di Pasar Toto Katon, Kecamatan Batu Putih, Tubaba. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tubaba, Ir. Novriwan Jaya, yang juga menjabat sebagai ketua TPID, bersama Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Untung Budiono, mengungkapkan bahwa tujuan dari operasi pasar ini adalah untuk menjaga stabilitas harga dan mengendalikan laju inflasi, terutama yang dipicu oleh kenaikan harga beberapa komoditas pangan penting seperti beras, minyak goreng, gula, dan terigu.

"Diketahui sejak sebulan terakhir, harga beras merangkak naik. Dengan operasi pasar murah ini,diharapkan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat," ungkap Staf Ahli Untung Budiono.

Peringati HUT Lampung ke-60, Dinas Perindag Gelar Bazar UMKM dan Expo

Untung menambahkan, operasi pasar murah ini sangat penting dalam upaya mengendalikan kenaikan harga beberapa bahan pokok dan merupakan bagian dari program pengendalian inflasi daerah, yang bertujuan menekan laju inflasi di Kabupaten Tubaba.

Membangun Potensi Peternakan dan Kesehatan Hewan di Lampung

Pimpinan KCP Bulog Menggala menjelaskan bahwa dalam operasi pasar di Pasar Toto Katon ini, mereka telah menyediakan beberapa bahan pokok dengan harga yang terjangkau. Barang-barang sembako yang tersedia termasuk 8 ton beras medium dalam kemasan 5 Kg (harga Rp. 52 ribu), 500 Kg gula dalam kemasan 1 Kg (harga Rp. 14 ribu), dan 700 liter minyak goreng dalam kemasan 1 liter (seharga Rp. 11 ribu).

Sekretaris TPID Kabupaten Tubaba, Suwardi, yang juga merupakan Kabag Perekonomian Setdakab Tubaba, menjelaskan bahwa operasi pasar murah ini akan terus dilakukan di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Tubaba. Terutama, pihaknya akan memantau ketat dampak El Nino terhadap ketahanan pangan dan akan melakukan pemantauan rutin di pasar tradisional.

Halaman Selanjutnya
img_title