Mediasi Sengketa antara Podcast Tempo dan Erick Thohir Disepakati Tak Lanjut ke Ranah Hukum

Tangkapan Layar Youtube Podcast Bocor Alus Politik
Sumber :
  • Youtube Tempodotco

Jakarta – Proses mediasi sengketa antara Podcast Tempo, Bocor Alus Politik dan Menteri BUMN, Erick Thohir, telah menghasilkan putusan yang menyatakan bahwa pihak Tempo bersalah melanggar kode etik

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Dalam resume notulensi mediasi yang dilaksanakan pada Senin, 17 Juli 2023, disebutkan bahwa Tempo melanggar tiga pasal kode etik. Pengacara Erick, Ifdhal Kasim, telah menerima risalah keputusan mediasi tersebut.

Konten yang dihasilkan oleh tim podcast Tempo dianggap melanggar Pasal 1, Pasal 2, dan Pasal 3 Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Selain itu, konten tersebut juga dianggap tidak seimbang, tidak memiliki sumber yang jelas, tidak melalui uji informasi, mencampuradukkan fakta dan opini, serta bersifat menghakimi.

Terbukti Langgaran Kode Etik Polri, 4 Anggota Polres Lampung Tengah Dipecat Tidak Dengan Hormat

Selain melanggar tiga pasal Kode Etik Jurnalistik, podcast Tempo juga dianggap melanggar butir 2 huruf a dan b Peraturan Dewan Pers Nomor 1/Peraturan-DP/III/2012 tentang Pedoman Pemberitaan Media Siber. Peraturan tersebut menyatakan bahwa setiap berita harus melalui proses verifikasi.

Agar Tidak Terjerat UU ITE, Guru Diimbau Bijak dalam Bermedia Sosial

Berdasarkan putusan tersebut, proses mediasi yang berlangsung dari pukul 15.30 hingga 20.00 telah menyepakati beberapa hal. Tempo diwajibkan untuk memberikan hak jawab secara proporsional dan meminta maaf kepada Erick Thohir. Hak jawab tersebut akan dimuat di semua platform Tempo yang sebelumnya telah menyiarkan konten podcast tersebut.

Selain itu, Tempo juga diwajibkan menambahkan deskripsi yang menyatakan bahwa podcast tersebut melanggar Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Pemberitaan Siber. Seluruh tautan hak jawab juga harus disertakan pada konten podcast awal yang menjadi objek pengaduan.

Halaman Selanjutnya
img_title