Bawaslu Lampung Rilis Hasil Identifikasi Kerawanan Pemilihan Serentak 2024

Dokumentasi rapat koordinasi
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Istimewa

LampungBawaslu Provinsi Lampung merilis hasil identifikasi kerawanan pada pemilihan serentak tahun 2024 di Bumi Ruwa Jurai.

Bawaslu Pringsewu Buka Rekrutmen, Berikut Syarat Dan Penempatan

Koordinator Divisi Pencegahan & Parmas Bawaslu Provinsi Lampung Hamid Badrul Munir mengatakan, bahwa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung saat ini terus fokus meningkatkan upaya-upaya Pencegahan memasuki tahapan pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

"Menghadapi tahapan Pemilihan Tahun 2024 ini, Bawaslu Lampung berkomitmen untuk meningkatkan strategi pencegahan agar Penyelenggaraan Pemilihan Tahun 2024 di Provinsi Lampung berjalan damai, aman dan berintegritas," kata Hamid

Lampung Butuh 13.277 Pengawas TPS untuk Pilkada 2024

"Dengan melakukan Pemetaan kerawanan Berbasis IKP Pemilu dan Kerawanan Isu Strategis bagi Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota," sambungnya dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (25/6/2024). 

Lebih lanjut ia menjelaskan berdasarkan hasil pemetaan tingkat Provinsi yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Lampung diperoleh, hasil terdapat potensi kerawanan antara lain Adanya penduduk potensial tapi tidak memiliki E-KTP. 

Kontestasi Pilkada di Lampung: Momen Penting untuk Kemajuan Masyarakat

"Adanya laporan politik uang yang dilakukan peserta/timses, Adanya putusan DKPP thd jajaran KPU/Bawaslu, Adanya gugatan hasil pemilu/pilkada, Adanya sengketa proses pemilu/pilkada, Pemilih memenuhi syarat tapi tidak terdaftar dalam DPT," kata dia.

Kemudian, surat suara yang tertukar, adanya komplain dari saksi saat pemungutan/penghitungan, rekomendasi Bawaslu terkait ketidaknetralan ASN/TNI/POLRI, dan Pemilih tidak memenuhi syarat tapi terdaftar dalam DPT.

Halaman Selanjutnya
img_title