Memperingati Kemerdekaan ke-78 RI, Mahasiswa di Lampung Kolaborasi Gelar Kegiatan Edukasi Konservasi

Kolaborasi Mahasiswa Maknai Kemerdekaan RI
Sumber :
  • Istimewa

Lampung – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI), para mahasiswa dari berbagai universitas bersatu dalam kolaborasi untuk menyelenggarakan sejumlah kegiatan istimewa.

Tim Mahasiswa Itera Lolos PKM Kemendikbudristek 2024

Kelompok mahasiswa ini terdiri dari anggota Klub Selam Anemon dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA Unila), Mahasiswa Raden Intan Pencinta Alam (Maharipal) dari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL), Unit Selam dari Institut Teknologi Sumatera (Itera), serta mahasiswa yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari berbagai universitas atau institut di bawah naungan Kementerian Agama dari Metro, Nanggroe Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bengkulu.

898 Mahasiswa Unila Ikuti Seleksi Program Kartu Indonesia Pintar

Kegiatan kolaboratif yang mereka selenggarakan meliputi berbagai acara, seperti Edukasi Konservasi Laut, Upacara Pengibaran Bendera, dan beragam kegiatan lainnya yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 17 Agustus 2023, di Dusun Kalangan, Desa Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Muhammad Rizki Ramadhan, yang merupakan Ketua Maharipal UIN RIL, menjelaskan bahwa salah satu kegiatan utama adalah peletakan infrastruktur budidaya karang untuk masyarakat Pulau Pahawang.

Jelang Perpisahan, Mahasiswa KKN Unila Adakan Lomba di Kampung Penawar Jaya Tulang Bawang

Mereka akan memasang 16 kompleks rak dan 150 fragmen karang sebagai bagian dari kerja sama dengan peserta Kader Konservasi Nasional di bawah koordinasi Maharipal. 

"Kompleks kebun coral (karang) ini akan menjadi pusat riset bersama, tempat latihan selam riset, dan lain-lain yang digadang-gadang sebagai kegiatan penanaman dengan jumlah penanaman fragmen coral terbanyak yang pernah dilakukan oleh mahasiswa," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title