Inflasi Lampung 2024 Diperkirakan Lebih Rendah dan Stabil Dibanding Tahun 2023

Kepala KPw Bank Indonesia Lampung, Junanto Herdiawan
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Istimewa

Lampung – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung memperkirakan, bahwa inflasi di Provinsi Lampung pada tahun 2024 akan lebih stabil dan lebih rendah dibandingkan dengan tahun 2023.

Optimisme Ekonomi Lampung Tetap Tinggi pada April 2024

"Inflasi Provinsi Lampung hingga Mei 2024 tercatat mencapai 3,09 persen dari tahun ke tahun, menurun dari realisasi tahun 2023 yang mencapai 3,47 persen," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Junanto Herdiawan melalui keterangan tertulis yang diterima dan dikutip pada Sabtu (15/6/2024). 

Ia menambahkan bahwa kondisi ini diperkirakan akan terus terjaga dalam kisaran 2,5 persen plus minus satu persen hingga akhir 2024.

Melalui SIMOLEK Goes To School, OJK Berikan Edukasi Guru dan Pelajar di Lampung Utara

"Prediksinya, inflasi di Lampung pada 2024 akan lebih rendah dan stabil dibandingkan dengan tahun 2023, berdasarkan perkembangan kondisi inflasi tahun ini," ujarnya.

Junanto menjelaskan bahwa sinergi dan inovasi dalam pelaksanaan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) pada 2024 yang semakin baik telah mendukung pencapaian inflasi yang lebih rendah dan stabil dibandingkan tahun sebelumnya.

Pengguna QRIS di Lampung Tembus 1,2 Juta, Segini Nilai Transaksinya

"Penguatan sinergi dan inovasi tahun ini terbukti berhasil menjaga stabilitas harga, dengan inflasi year to date (ytd) di Lampung tercatat pada 0,64 persen (ytd) pada Mei 2024. Capaian ini merupakan yang terendah dalam tiga tahun terakhir," tambahnya.

Menurutnya, melalui Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2024, forum strategis ini menjadi wadah bagi para pemimpin dan pemangku kepentingan untuk merumuskan langkah-langkah dalam menjaga stabilitas inflasi.

Halaman Selanjutnya
img_title