Gelar Apel Besar Polisi RW, Kapolres Tulang Bawang Jelaskan Tujuan dan Tugasnya

Apel Besar Polisi RW Polres Tulang Bawang
Sumber :
  • Polres Tuba

Tulang Bawang, LampungPolisi Rukun Warga (RW) adalah program yang membawa polisi ke setiap lingkungan (RW) untuk membangun interaksi positif yang konsisten antara polisi dan masyarakat.

Ini Strategi Polda Lampung yang Sukses Atasi Arus Balik Lebaran 2024

Polisi RW adalah anggota Polri berpangkat Bintara dan Perwira, yang merupakan pembina dalam hal menjaga kamtibmas di wilayah binaan kamtibmasnya diluar personel Bhabinkamtibmas, dan sekali dalam sepekan wajib mendatangi Ketua RW untuk mendengarkan, mencatat, menganalisa, serta menyelesaikan permasalahan yang ada,” kata AKBP Jibrael Bata Awi, SIK, Kapolres Tulang Bawang, saat pimpin Apel Besar Polisi RW di kantor polisi setempat pada Jumat (19/05/2023).

Selain itu, Polisi RW bertugas sebagai penghubung polisi di setiap lingkungan, mirip dengan Liaison Officer (LO). Jika mereka tidak mampu menyelesaikan masalah sendiri, mereka wajib melaporkan masalah yang dilaporkan oleh warga ke kantor polisi setempat (Polsek) atau kepolisian daerah (Polres) untuk penyelesaian yang cepat.

Polri Dukung Olahraga Terjun Payung Berprestasi di Tingkat Internasional

AKBP Jibrael menjelaskan untuk Polres Tulang Bawang, Polda Lampung telah menugaskan 200 personel sebagai Polisi RW, yang terdiri dari anggota polisi dari polres dan polsek di wilayah tersebut. Mereka bukanlah personel Bhabinkamtibmas.

Kapolres Tulang Bawang, AKBP Jibrael Bata Awi

Photo :
  • Polres Tulang Bawang
Kapolres Waykanan Kasih Penghargaan Linmas Atas Jasanya Menangkap Pelaku Kejahatan

Menurut Kapolres, tujuan pembentukan Polisi RW adalah untuk meningkatkan polisi berbasis komunitas dan mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat, serta memfasilitasi koordinasi dengan Ketua RW terkait gangguan ketertiban umum.

“Polisi RW memiliki tugas pokok yang mulia yaitu wajib hadir dan memperkenalkan diri, serta tukar menukar nomor handphone (HP), lalu membuat WhatsApp Group (WA Grup) di RW setempat. Sehingga nantinya bisa mendengarkan saran, masukan, dan keluhan, serta mencoba mencari solusi atau meneruskan ke Polsek,” ucap AKBP Jibrael

Halaman Selanjutnya
img_title