Fosil Spesies Baru Dinosaurus Herbivora Ditemukan di Argentina dengan Berat 50 Ton

Fosil Spesies Baru Dinosaurus Chucarosaurus Diripienda
Sumber :
  • REUTERS

VIVA Lampung, Edukasi – Para ahli paleontologi Argentina telah menemukan fosil spesies baru dinosaurus herbivora bertubuh besar dengan leher panjang di wilayah Patagonia selatan negara tersebut. Dinosaurus ini dianggap sebagai salah satu yang terbesar yang pernah ditemukan.

Fitria Khasanah Siap Luncurkan Game Petualangan Edukatif "Jelajah Nusantara"

Temuan di Taman Alam Pueblo Blanco, yang diumumkan pada hari Kamis (18/05/2023), pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan pada tahun 2018.

Tulang-tulang dinosaurus tersebut begitu besar sehingga menyebabkan mobil yang mengangkutnya terbalik di jalan menuju laboratorium Buenos Aires. Namun, tidak ada yang terluka dan fosil tersebut tetap utuh.

Polwan Satlantas Polresta Bandar Lampung Edukasi Pengendara untuk Tertib Berlalu Lintas

Paleontolog Nicolas Chimento mengatakan para ilmuwan memutuskan untuk memberi nama dinosaurus tersebut "Chucarosaurus Diripienda", yang berarti teraduk aduk, karena dinosaurus tersebut terguling-guling dan selamat dari kecelakaan tersebut.

Dengan berat 50 ton dan panjang 30 meter, Chucarosaurus adalah dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di provinsi Rio Negro yang berbukit. Dinosaurus ini hidup pada periode Kapur (Cretaceous) Akhir bersama dengan predator, ikan, dan penyu laut.

Kegiatan Ilmiah dan Konservasi Laut akan Meriahkan Dies Natalis ke-28 Klub Selam Anemon FMIPA Unila

Fosil Dinosaurus Chucarosaurus

Photo :
  • REUTERS

Tulang paha Chucarosaurus, yang memiliki panjang 1,90 meter, terbelah menjadi tiga bagian, masing-masing beratnya lebih dari 100 kilogram dan membutuhkan setidaknya tiga orang untuk mengangkatnya, kata para ilmuwan.

Halaman Selanjutnya
img_title