BI Himbau Masyarakat Jangan Tukar Uang Selain di Bank

BI Himbau Masyarakat Jangan Tukar Cash di Jalan
Sumber :
  • Antara

VIVA Lampung, NasionalBank Indonesia (BI) mendorong masyarakat untuk tidak menukarkan uang pecahan kecil dengan penukaran uang jalanan yang biasanya marak menjelang Hari Raya Idul Fitri, melainkan menukarkan uang tersebut langsung melalui bank.

Hutama Karya Catat 1,5 Juta Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Selama Mudik Lebaran 2024

"Kami mengimbau agar menukar (uang pecahan kecil) di bank karena banyak bank," kata Kepala BI Perwakilan Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra, di Semarang, Jawa Tengah, pada hari Senin, saat peluncuran program Serambi (Ramadan Rupiah Semarak dan Berkah Hari Raya Idul Fitri), yang merupakan kegiatan rutin tahunan BI untuk menyambut Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Program Serambi adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan mata uang rupiah dan layanan tunai bagi masyarakat selama periode Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang pecahan kecil (UPK).

H+5 Lebaran, Tercatat 546.139 Orang dan 129.161 Kendaraan Pemudik Tinggalkan Sumatera

"Ada 52 bank yang bekerja sama dengan BI untuk melayani masyarakat dalam menukar uang. Oleh karena itu, jangan menukar uang di luar bank," kata Rahmat.

Rahmat juga menyampaikan sejumlah risiko bagi masyarakat yang menukar uang di luar bank, yaitu pada penukaran uang di penukaran uang jalanan yang kecil.

Sampah di Kota Bandar Lampung Meningkat 40 Persen Selama Libur Lebaran

Pertama, masyarakat akan dikenakan biaya untuk menukar uang, sehingga jumlah uang pecahan kecil yang diterima akan kurang dari nilai nominal uang yang ditukarkan.

Selain itu, masyarakat juga berisiko menerima uang palsu dari penukar uang yang tidak resmi.

Halaman Selanjutnya
img_title