Operasi Zebra, Polisi Himbau Pelajar Tertib Berlalu Lintas

Operasi Zebra Polres Pringsewu
Sumber :
  • Nanang

Lampung –Dalam rangka menanamkan pentingnya budaya tertib berlalu lintas, Satlantas Polres Pringsewu menyelenggarakan kegiatan edukatif bertajuk Police Goes to School di MTsN 2 Pringsewu, Senin (21/10/2024) pagi. Program ini merupakan bagian dari Operasi Zebra Krakatau 2024 yang fokus pada peningkatan kesadaran tertib berkendara, khususnya di kalangan pelajar.

Polres Tulang Bawang Tangkap Kurir Paket Setubuhi Pelajar di Bawah Umur, AKP Indik: Sudah 15 Kali

Kasat Lantas Polres Pringsewu, Iptu David Pulner, mewakili Kapolres Pringsewu AKBP M. Yunnus Saputra menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif para siswa dalam menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah Kabupaten Pringsewu. Pasalnya, menurut Iptu David, para pelajar termasuk pengguna aktif kendaraan, baik sebagai pengendara maupun penumpang.

Iptu David menekankan bahwa keterlibatan pelajar sangat penting karena mereka bukan hanya pengguna jalan, tetapi juga kelompok yang rentan mengalami kecelakaan dan melakukan pelanggaran lalu lintas. Berdasarkan data yang dihimpun, pelanggaran seperti tidak menggunakan helm, melanggar lampu lalu lintas, hingga mengemudi tanpa surat izin seringkali melibatkan remaja usia sekolah. Hal ini menegaskan perlunya edukasi sejak dini tentang disiplin berkendara.

Operasi Zebra Krakatau 2024: 711 Personel Polda Lampung Siap Jaga Lalu Lintas

“Melalui kegiatan ini, kami mengajak siswa untuk menjadi agen perubahan, agar mereka tidak hanya sadar akan keselamatan diri sendiri tetapi juga peduli pada pengguna jalan lainnya,” ujar Iptu David.

Dalam sesi penyuluhan, petugas Satlantas juga menyampaikan bahwa tertib berlalu lintas bukan sekadar menaati peraturan, tetapi merupakan bentuk tanggung jawab sosial demi keselamatan bersama. Selain pemahaman mengenai rambu-rambu dan tata tertib, siswa juga diajak berdiskusi tentang bahaya ugal-ugalan di jalan serta pentingnya menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm dan sabuk pengaman.

Warga Bandar Lampung Catat! Mulai 14 Oktober ada Operasi Zebra Krakatau 2024

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran siswa akan risiko berkendara tanpa disiplin serta memperkuat peran mereka dalam menjaga ketertiban lalu lintas di lingkungan sekitar.

Dengan adanya program seperti Police Goes to School, Polres Pringsewu berharap angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di kalangan pelajar dapat menurun secara signifikan. "Ini bukan hanya soal angka, tetapi soal nyawa. Kami ingin memastikan anak-anak kita bisa sampai tujuan dengan selamat, setiap saat," pungkas Iptu David.

Halaman Selanjutnya
img_title