Genangan Air Bertahun-tahun, Polsek Penengahan bersama Warga Bersihkan Enceng Gondok

Petugas gabungan melakukan kegiatan pembersihan enceng gondok.
Sumber :
  • Istimewa

Lampung Selatan, Lampung – Polsek Penengahan bersama BPBD, Dinas PU, dan masyarakat Desa Belambangan serta Desa Kekiling menggelar gotong royong membersihkan enceng gondok di genangan air di pinggir Jalan Lintas Sumatera KM 64, Jumat (13/9/2024).

Genangan air yang sudah ada selama 7 tahun ini tidak hanya mengganggu aktivitas warga, tetapi juga menjadi sarang nyamuk.

Kapolsek Penengahan, Iptu Dixko Romadi Alfansyah Subing, mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi ini dan berharap dinas PUPR Provinsi Lampung segera mengambil tindakan.

"Genangan air ini sudah ada sekitar 7 tahun yang lalu, hingga menyebabkan tergenang air menjadi sarang nyamuk," tutur Kapolsek.

Sementara itu, warga berharap dinas PUPR Provinsi Lampung segera memperbaiki gorong-gorong yang tersumbat agar masalah ini dapat teratasi secara tuntas.

"Karena kalau tidak segera di tindak lanjuti, menjadi dampak besar bagi warga sekitar. Salah satunya, ketika mulai musim hujan, volume air yang menggenang akan bertambah dengan cepat dan bisa meluap hingga ke pemukiman warga sekitar," ucap warga.

Selain itu, genangan air yang dipenuhi enceng gondok itu banyak hewan berbahaya. "Jadi kami sangat berharap supaya dinas terkait peka terhadap kami dan segera melalukan tindakan untuk menangani sumbatan air di lokasi ini," pungkasnya. (*)

Karhutla Landa Way Kambas, 3 Hari Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Api