Kapolres Pesawaran Soroti Tujuh Jenis Pelanggaran saat Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh 2024

Kapolres Pesawaran Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh 2024.
Sumber :
  • Istimewa

Pesawaran, Lampung – Polres Pesawaran menggelar apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Krakatau 2024 di Lapangan Mapolres Pesawaran, Senin pagi. Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pesawaran AKBP Maya Henny Hitijahubessy, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah dan instansi terkait.

Kapolres Pesawaran dalam amanatnya menjelaskan bahwa Operasi Patuh Krakatau 2024 dilaksanakan dengan tema 'Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas' selama 14 hari, mulai dari 15 hingga 28 Juli 2024. Operasi ini merupakan upaya untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas serta menurunkan angka kecelakaan dan pelanggaran.

Kapolres menegaskan bahwa ada tujuh jenis pelanggaran lalu lintas yang akan menjadi fokus utama dalam operasi ini, yaitu penggunaan handphone saat berkendara, pengemudi di bawah umur, pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang.

"Tidak menggunakan helm SNI dan sabuk pengaman, berkendara dalam pengaruh alkohol, pengendara yang melawan arus lalu lintas, berkendara melebihi batas kecepatan," tegasnya.

Kapolres juga menambahkan bahwa operasi ini akan dilaksanakan secara edukatif, persuasif, dan humanis, dengan dukungan penegakan hukum secara elektronik dan teguran untuk meningkatkan simpati masyarakat terhadap petugas lalu lintas.

"Tujuan dari Operasi Patuh Krakatau 2024 adalah menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas, dan angka fatalitas, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas," ungkap Kapolres.

Kapolres Pesawaran juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu membawa dan melengkapi identitas diri serta dokumen kendaraan seperti KTP, SIM, dan STNK.

"Kami mengajak masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Dengan disiplin berlalu lintas, kita dapat mengurangi pelanggaran dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, khususnya di wilayah hukum Polres Pesawaran," tutup Kapolres.

Dalam apel ini, Kapolres Pesawaran didampingi oleh Bupati Pesawaran yang diwakili Asisten 1 Sunyoto, S.E., M.M., DanBrigif 4 Marinir yang diwakili Kapten Attang Suryana, Danlanal diwakili Kaur Gakkum Lettu Laut (PM) Simanjuntak, Ketua DPRD Pesawaran diwakili Arya Guna, S.Sos.I., M.M., Kajari Pesawaran diwakili Chandra, S.H., M.H., Kadishub Pesawaran Ahmad Syafe’i, S.Pd., M.Pd., Danramil 0421-02/GDT Mayor Inf. Sukandi, Kasatpol-PP Pesawaran Drs. Effendi, M.M., dan Jasa Raharja yang diwakili oleh Marsaulina Cindurita Siregar.(*)

Polres Lampung Barat Gelar Apel Siaga Operasi Mantap Praja Krakatau Menjelang Pilkada Serentak 2024