Untuk Pertama Kalinya Unila Akan dipimpin Rektor Perempuan

Prof, Lusmeilia Afriani Rektor Unila Terpilih Periode 2023-2027
Sumber :
  • Universitas Lampung

Bandarlampung, Lampung – Proses Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Lampung (Unila) untuk periode 2023-2027 telah selesai dan memilih Prof. Lusmeilia Afriani sebagai rektor terpilih dengan memperoleh suara terbanyak dengan 44 suara, pada hasil sidang tertutup senat Unila di Ruang Sidang Utama lantai 2 Rektorat Universitas Lampung, Rabu (28/11/22).

Universitas Lampung Siapkan Tujuh Lokasi Pelaksanaan UTBK-SNBT 2024

Prof. Lusmeilia Afriani  yang sebelumnya menjabat Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unila dan juga dosen di Fakultas Teknik Unila mengalahkan dua kandidat calon rektor lainnya, yaitu Prof Suharso 21 suara dan Prof Asep 6 suara. Dari 47 anggota senat yang tidak hadir satu orang, sementara dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah memberikan suara 35 persen, sehingga total suara ada 71.

Hasil Perolehan Suara Pilrek Unila periode 2023-2027

Photo :
  • Istimewa
Brimob Polda Lampung Laksankan Latihan Selam Dasar Polri

Ketua Senat Unila Prof La Zakaria berharap semoga Prof Lusmeilia Afriani dapat melaksanakan amanah memimpin Universitas Lampung, menurutnya hasil sidang senat akan segera dikirim ke Kementerian, sehingga bisa segera dilantik pada awal bulan Januari 2023 mendatang.  

Dengan terpilihnya Prof. Lusmeilia menjadikannya perempuan pertama yang akan menjabat Rektor di Universitas Lampung, yang pada periode-periode lalu selalu dipimpin rektor laki-laki, sekaligus menggantikan rektor Unila sebelumnya Prof Karomani yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait suap penerimaan mahasiswa baru.

Ada dari Lampung, Ini 20 Universitas Terbaik di Indonesia 2024 Versi Scimago