TNI AL, US Navy dan USMC Gelar Latihan Militer Bersama CARAT 2024 di Lampung

TNI AL Bersama Us Navy Dan USMC menggelar latihan bersama.
Sumber :
  • Lampung Viva

Pesawaran, Lampung – TNI Angkatan Laut bersama Angkatan Laut Amerika Serikat atau US Navy, dan Marinir Amerika Serikat (USMC) menggelar latihan militer bersama Cooperation Afloat Readiness And Training (CARAT) 2024.

Latihan militer bersama yang melibatkan pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) dan Marinir Amerika Serikat (USMC) itu secara resmi dibuka oleh Panglima Koarmada I Laksamana muda (Laksda) TNI Yoos Suryono Hadi dalam upacara militer di Markas Batalyon Infanteri 9 Marinir, Piabung, Pesawaran, Lampung, Senin, 13 Mei 2024.

Latihan Militer Bersama (Latma) CARAT tahun ini melibatkan kurang lebih 1.380 personel dengan persenjataan Kapal Perang, Pesawat Udara, dan Senjata Artileri Marinir.

Latma CARAT 2024 yang melibatkan prajurit tempur Negeri Paman Sam ini diselenggarkan sejak hari ini, 13 Mei 2024 sampai dengan 20 Mei 2024.

Pada latihan tersebut, TNI AL dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Ludfy, yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satkor Armada I. Sementara itu, US Navy dipimpin oleh Capt. James Robinson dan USMC dipimpin oleh Colonel Sean Dynan.

Panglima Koarmada I Laksda TNI Yoos Suryono mengatakan, Latma CARAT merupakan latihan bersama bilateral antara TNI AL dengan United States Sevent Fleet, dalam frame work military to military cooperations yang dilaksanakan tiap dua tahun sekali untuk meningkatkan interoperabilitas, membangun hubungan kerjasama bilateral kedua negara, membangun persahabatan, serta memperkuat profesionalisme prajurit.

"Latihan ini sangat penting, bukan hanya untuk meningkatkan profesionalitas di lapangan, namun untuk meningkatkan relasi dan perdamaian," kata Pangkoarmada I, Laksda TNI Yoos Suryono.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam berbagai kesempatan menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki prajuritnya dalam bidang masing-masing guna menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks, serta menjaga diplomasi yang baik dengan negara sahabat.

Dengan demikian, Kasal berpesan kepada seluruh prajurit TNI AL yang ikut terlibat dalam Latma CARAT 2024, agar menjadikan moment latihan tersebut untuk benar-benar mengasah kemampuan dan naluri tempur serta bertukar ilmu pengetahuan dengan Angkatan Laut negara sahabat.(*)

Kasus Penganiayaan dan Aksi Koboi Penodongan Senpi Naik dari Penyelidikan ke Penyidikan

TNI AL Bersama Us Navy Dan USMC menggelar latihan bersama.

Photo :
  • Istimewa