61.218 Pemudik Menyeberang dari Sumatera menuju Pulau Jawa pada H+3 Lebaran

Antrian kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.
Sumber :
  • Istimewa

Bakauheni, Lampung – PT ASDP Cabang Bakauheni Lampung mencatat sejak pagi tadi hingga malam ini ada sebanyak 61.218 pemudik dari Sumatera menuju Pulau Jawa pada H+3 Lebaran.

Jumlah pemudik yang tercatat sebanyak 61.218 terdiri dari 54.128 pemudik dalam kendaraan dan 7.090 pemudik pejalan kaki.

Dari data per 12 jam yang dikeluarkan PT ASDP Cabang Bakauheni, jumlah kendaraan roda dua mencapai 6.102 kendaraan, sedangkan untuk roda empat tercatat sebanyak 7.739 kendaraan.

Pantauan dilokasi, nampak terlihat arus kendaraan yang memadati 8 dermaga didominasi oleh kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat, untuk pejalan kaki terlihat ramai lancar.

General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni Lampung, Capt Rudi Sunarko menjelaskan meski terjadi kepadatan yang terus meningkat, namun pada hari ini Sabtu (13/4/24) diperkirakan belum memasuki puncak arus balik Lebaran.

"Jadi, data itu per 12 jam menunjukkan peningkatan pemudik hari ini, namun ini belum pada puncaknya. Perkiraan puncak arus balik Lebaran ini diprediksi terjadi pada hari Minggu hingga Senin nanti," kata Rudi Sunarko, Sabtu (13/4/2024).

Rudi Sunarko mengimbuhkan bahwa, jika dilihat dari dara arus mudik dan arus balik masih banyak yang belum pulang ke Pulau Jawa.

"Ya kami berharap mudah-mudahan arus balik Lebaran tahun ini berjalan aman, lancar tanpa kendala apapun. Besok kita lihat lagi data jumlah pemudik yang berasal dari Sumatera menuju Pulau Jawa," pungkasnya. (*)

Hutama Karya Catat 1,5 Juta Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Selama Mudik Lebaran 2024

Antrian kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Photo :
  • Istimewa