H+3 Lebaran, Volume Kendaraan Lintasi Jalan Tol Lampung Meningkat 114 Persen

Kendaraan yang melintasi jalan tol trans sumatera (JTTS).
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung, Lampung – Memasuki arus Balik Lebaran 2024,  PT Hutama Karya (Persero) mencatat volume lalu (VLL) yang melintasi jalan tol trans sumatera (JTTS) pada periode H+3 dan H+4 Lebaran sebanyak 140.591 kendaraan, dengan peningkatan signifikan sekitar 113,95% dari VLL Normal.

"Peningkatan ini mencerminkan mulai terjadinya mobilitas dan kegiatan perjalanan arus Balik Lebaran di JTTS," kata Adjib Al Hakim, EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Sabtu (13/4/2024).

Adjib menjelaskan angka peningkatan volume kendaraan tersebut merupakan akumulasi dari kendaraan yang melintasi Tol Palembang - Prabumulih (Palindra & Inprabu) sebanyak 22.744 Kendaraan atau meningkat 94 persen dari VLL normal.

Kendaraan yang melintasi Tol Bengkulu - Taba Penanjung (Bengtaba) sebanyak 3.488 kendaraan atau meningkat 154 persen dari VLL Normal.

"Kendaraan yang melintasi Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung (Terpeka) : 22.473 Kendaraan atau meningkat  77 persen dari VLL normal," jelasnya.

Kemudian, lanjut Adjib, kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru - Bangkinang (Pekbang) : 10.618 kendaraan atau meningkat 110 persen dari VLL normal.

Kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru - Dumai (Permai) : 19.057 kendaraan atau meningkat 29 persen dari VLL normal. Kendaraan yang melintasi Tol Indrapura - Lima Puluh (Inkis) sebanyak  22.703 kendaraan atau lebih tinggi 185 persen dari VLL normal.

Kendaraan yang melintasi Tol Binjai – Tanjung Pura (Binsa) : 17.185 kendaraan atau meningkat 92 persen dari VLL normal. "Kendaraan yang melintasi Tol Sigli - Banda Aceh (Seulimeum - Baitussalam) (Sibanceh) sebanyak 7.841 kendaraan atau meningkat 170 persen dari VLL normal.

Selain ruas jalan tol JTTS, peningkatan juga terjadi pada tol fungsional tambahan selama arus Balik Lebaran, yakni Tol Bangkinang – XIII Koto Kampar pada periode yang sama sebanyak total 3.890 kendaraan.

Tol Indrapura – Kisaran Seksi Lima Puluh – Kisaran pada periode yang sama sebanyak total 10.592 kendaraan.

Adjib menghimbau pengguna jalan tol untuk dapat mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan kondisi prima dan tidak mengemudi dalam keadaan mengantuk, menepi dan beristirahat apabila mengantuk, mempelajari tarif JTTS dan memastikan kartu uang elektronik dalam kondisi baik, saldo tercukupi sebelum melakukan perjalanan, serta selalu SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor satu. (*)

Kasus DBD di Lampung Meningkat, Tercatat 1.779 Kasus Ditemukan dengan 10 Orang Meninggal Dunia

Kendaraan yang melintasi jalan tol trans sumatera (JTTS).

Photo :
  • Istimewa