Mako Polda Lampung Ditembak Komplotan Pencuri Mobil, 1 Orang Diamankan

Kapolda Lampung saat melakukan konferensi pers terkait penembakan
Sumber :
  • Lampung.viva

Bandar Lampung, Lampung – Polisi berhasil menangkap satu orang anggota komplotan penembak ke arah Mako Polda Lampung, pada Sabtu (6/4/2024) pukul 04.06 WIB. Pelaku ditangkap hanya berselang satu hari setelah kejadian.

Pelaku yang ditangkap ini bernama Kukuh Agung Wibowo. Ia ditangkap di tempat persembunyiannya di wilayah Bandar Lampung, pada Minggu (7/4/2024) pagi.

Dalam komplotannya, pelaku Kukuh berperan menjadi penjual mobil bodong. Dari keterangan kukuh, polisi kemudian mendatangi rumah rekannya yang bernama Oktovianus Setiawan di Kabupaten Lampung Selatan.

Namun saat digrebek, Oktovianus berhasil melarikan diri. Dari rumah Oktovianus, polisi menyita sejumlah barang bukti yang diduga hasil kejahatan pencurian kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

"Yang bersangkutan mengakui bahwa dia akan melakukan transaksi jual beli mobil Honda Jazz abu-abu yang ternyata tidak ada surat alias bodong," kata Irjen Pol Helmy Santika, Kapolda Lampung.

Dari rumah pelaku Oktovianus, polisi juga menemukan 2 unit drone yang digunakan para pelaku untuk melakukan pengintaian mobil yang telah menjadi target pencurian.

Selain itu, polisi menyita dua belas foto copy surat kendaraan, sepuluh unit kunci mobil. dua unit kunci motor, satu unit sepeda motor, dan dua unit drone.

"Adapun modus para sindikat ini dari pemeriksaan pelaku Kukuh mencuri Ranmor, juga ada mobil belokan leasing atau tarikan juga, rental mobil," beber Irjen Helmy.

Saat ini polisi masih mengejar empat orang rekan Kukuh yang salah satunya merupakan pelaku penembakan Mako Polda Lampung.

"Tersangka kita jerat dengan pasal berlapis menggunakan pasal 1 ayat 1 undang undang darurat nomor 12 tahun 1951 atau pasal 53 juncto pasal 340 kuhpidana dan atau 363 dan atau 480 kuhpidana," tandas Kapolda Lampung.

Sebelumnya, Mako Polda Lampung yang berada di kawasan Jalan Terusan  Ryacudu, Lampung Selatan diberondong tembakan kawanan pencuri mobil, Sabtu (6/8/2023) sekitar  pukul 04.00 WIB.

Aksi teror penembakan yang dilakukan kawanan pencuri mobil tersebut terekam cctv di pos penjagaan gerbang Mapolda Lampung.

Aksi teror penembakan tersebut terjadi dalam dua kali serangan, dimana satu serangan terekam oleh kamera pengawas CCTV tepat di depan Gerbang Mako Polda Lampung. Aksi penembakan tersebut dilakukan pelaku dengan mengendarai mobil warna putih. (*)

H-3 Lebaran, 125.234 Kendaraan dan 530.400 Pemudik Tiba di Pulau Sumatera

Kapolda Lampung saat melakukan konferensi pers terkait penembakan

Photo :
  • Lampung.viva