Mudik Pakai Mobil Listrik ke Lampung Tak Perlu Khawatir, SPKLU PLN Beroperasi 24 jam

SPKLU di Rest Area JTTS KM 20B
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Riduan

Lampung –General Manager Perusahaan Listrik Negara (PLN) UID Lampung Sugeng Widodo menuturkan, bahwa pengendara mobil listrik tak perlu khawatir mencari Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) saat melintas atau akan mudik lebaran 2024 ke Lampung. 

SPKLU Tetap Layani Pengguna Mobil Listrik di Lampung

Pasalnya, PLN UID Lampung telah mengantisipasi dengan menyiapkan 20 SPKLU yang tersebar di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) maupun jalur dalam kota. 

"Kita antisipasi untuk arus mudik dan balik lebaran kendaraan listrik, dengan menyiapkan sarana pendukung pemudik yang menggunakan kendaraan listrik," kata Sugeng saat diwawancarai awak media di KM 20B titik awal SPKLU, Minggu (7/4/2024). 

Hutama Karya Catat 1,5 Juta Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Selama Mudik Lebaran 2024

"SPKLU yang saat ini ada di rest area sepanjang tol JTTS sebanyak 17 titik, yang dimulai dari KM 20 A-B sampai dengan KM 234 A. Serta, ada 3 di kota Bandar Lampung, masing-masing di Els Cafe Soekarno Hatta, Kantor PLN Tanjungkarang, dan PLN UID Lampung," sambungnya. 

Kemudian, masih untuk memudahkan para pengguna PLN meluncurkan layanan fitur Trip Planner yang dimana pemudik dapat mengakses informasi lokasi SPKLU sepanjang rute perjalanan melalui EV Digital Services (EVDS) yang ada dalam aplikasi PLN Mobile.

H+5 Lebaran, Kendaraan Pemudik Lintasi JTTS ruas Terpeka Meningkat 123 Persen

"Ada yang baru terkait untuk mudik pada tahun ini yaitu Aplikasi PLN Mobile Trip Planner. Jadi, aplikasi ini ialah memberikan informasi terkait lokasi-lokasi SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi semisal kita akan melewati Jalan Tol Trans Sumatera itu terlihat lokasi-lokasi SPKLU. Aplikasi ini sangat membantu dalam pelaksanaan mudik menggunakan kendaraan listrik," papar Sugeng. 

Dilanjutkan Sugeng, bahwa untuk operasional dari SPKLU yang disediakan semuanya beroperasi 24 jam. Selain itu, pihaknya juga menyediakan tempat istirahat bagi para pemudik saat melakukan pengisian baterai. 

Halaman Selanjutnya
img_title