Ratusan Rumah di Bandar Lampung Kembali Terendam Banjir Usai Dilanda Hujan Deras

Sejumlah wilayah di Kota Bandar Lampung terendam banjir,
Sumber :
  • Istimewa

Lampung –Sejumlah wilayah di Kota Bandar Lampung kembali terendam banjir usai dilanda hujan deras. Banjir menyebabkan ratusan rumah yang sebelumnya terendam banjir saat ini kembali terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 50 centimeter hingga 1 meter.

Wilayah yang terparah terdampak banjir yakni Kelurahan Rajabasa Nyunyai, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung dan komplek perumahan Glora Persada, Kecamatan Rajabasa Raya

Hujan deras yang mengguyur kota Bandar Lampung dan sekitarnya pada Kamis petang (4/4/2024) menyebabkan sejumlah wilayah di Kota Bandar Lampung terendam banjir. Wilayah Akibat banjir kiriman tersebut, ratusan rumah warga yang sebelumnya pernah terendam banjir saat ini terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 50 centimeter hingga 1 meter.

Tidak hanya di Bandar Lampung, ratusan rumah di komplek perumahan Garam, Kecamatan Natar, Lampung Selatan juga terendam banjir. Sebelumnya ketiga wilayah tersebut pernah terendam banjir pada 26 Febuari 2024 lalu.

Saat terjadinya banjir, warga sempat panik karena banjir terjadi saat warga sedang berbuka puasa. Saat banjir terjadi, ketinggian air cepat bertambah tinggi.

Warga yang sedang berbuka puasa tidak sempat menyelamatkan perabotan rumah tangga mereka sehingga perabotan rumah tangga seperti kursi, sofa dan kasur terendam banjir.

Nanang (44 tahun), warga komplek perumahan Garam, Natar, Lampung Selatan mengatakan, hujan deras yang menyebabkan banjir di lingkungan tempatnya tinggalnya terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Ketinggian air mulai naik sekitar pukul 18.00 WIB.

"Kalau hujan deras terjadi sebelum magrib sekitar jam 4 sore. Kalau air mulai naik sekitar jam 6 waktu warga mau berbuka puasa," kata Nanang, Kamis malam (4/4/2024).

Menurut Nanang, akibat ketinggian air cepat naik, ia dan keluarganya tidak lagi lagi memikirkan berbuka puasa karena memikirkan banjir yang merendam rumahnya.

"Buka puasa juga udah gak fokus, antara berbuka puasa dan gak karena kami udah bingung mikirin banjir," ujar Nanang.

Nanang menuturkan, banjir yang terjadi di wilayah tempah tinggalnya merupakan banjir kiriman dari wilayah Kemiling, Bandar Lampung. "Ini banjir kiriman dari daerah Kemiling," ucap Nanang.

Hingga Jumat dini hari, banjir masih merendam ratusan rumah warga yang terdampak banjir. Sebagian besar warga yang terdampak banjir memilih bertahan di rumah mereka masing-masing.

Intip Digitalisasi Pasar Lebak Budi Bandar Lampung, Bayar Bisa Pakai QRIS

Sejumlah wilayah di Kota Bandar Lampung terendam banjir,

Photo :
  • Istimewa