Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,8 di Sukabumi, Terasa Hingga Bandarlampung

Gempa berkekuatan magnitudo 5,8 di Sukabumi
Sumber :
  • dok

Bandarlampung, Lampung – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 di Sukabumi, Jawa Barat yang terjadi kamis (12/8/2022) akibat adanya deformasi atau patahan batuan dalam Lempeng Indo-Australia.

Cerita Ibu Sri Merantau 25 Tahun, Pulang ke Lampung Demi Bertemu Sanak Saudara

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG & Daryono menyebutkan gempa bumi terletak pada koordinat 7,09 derajat Lintang Selatan, 106,95 derajat Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 122 kilometer. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi atau patahan batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang populer disebut sebagai gempa intraslab atau gempa Benioff," paparnya.

Curi Uang dan Emas Senilai 45 Juta di Lampung, Wanita dan Teman Prianya Ditangkap di Jawa Barat

hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault), sejumlah wilayah merasakan gempa bumi yang terjadi pada pukul 07.50 WIB wilayah tersebut diantaranya, Bandarlampung, Tangerang  Selatan, Jakarta, Bekasi, Cisolok, Sumur, Sukabumi, Garut, dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). (Ant)

BNPB : Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Terbentuk Jika Memahami Peta Persebaran Bencana