Polda Lampung Siagakan Pasukan Unit Siber Atisipasi Maraknya Hoaks Jelang Pemilu

Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika
Sumber :
  • Polda Lampung

LampungPolda Lampung telah menyiagakan pasukan unit siber untuk mengantisipasi maraknya hoaks selama masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Setelah keributan di dunia maya selama Pemilihan Presiden (Pilpres) 2018, pengamanan pemilu mendatang menjadi fokus utama.

Tekan Penyebaran Wabah DBD, Polda Lampung Gencarkan Fogging ke Sejumlah Titik

Inspektur Jenderal (Irjen) Helmy Santika, Kapolda Lampung, menyatakan bahwa pasukan siber akan dikerahkan sebagai langkah antisipatif dan penanganan bentuk pelanggaran di dunia maya.

“Kita juga antisipasi maraknya hoaks, black campaign, maupun kampanye negatif lainnya,” ujar Helmy saat apel pasukan Mantap Brata Krakatau 2023 di Lapangan Korpri pada Selasa (17/10/2023).

Pasca Putusan MK, KPU Tulang Bawang Dijaga Ketat Polisi

Tim siber ini akan bekerja sama dengan Bawaslu dan KPU Lampung untuk memetakan pergerakan bentuk kampanye di media sosial. Menurut Helmy, pemilu 2024 diperkirakan lebih kompleks karena pemilu dilakukan secara serentak dengan waktu yang berdekatan, mencakup Pilpres, Pileg, hingga pemilihan kepala daerah.

Bawaslu Pesawaran Proaktif Lakukan Upaya Pencegahan Pelanggaran dan Sengketa Pemilu 2024

“Jaraknya sangat berdekatan dan luas area juga bertambah. Jadi kompleksitasnya lebih beragam,” tambahnya.

Dalam pengamanan fisik, Polda Lampung akan mengerahkan sekitar 1.573 personel, dan polres jajaran akan menyumbangkan 5.140 personel.

Halaman Selanjutnya
img_title