Satgas Karhutla Selidiki Kasus Kebakaran Hutan di TNWK Lampung Timur

Petugas Berusaha Memadamkan Karhutla
Sumber :
  • Istimewa/ Polres Lampung Tinur

Lampung Timur Polres Lampung Timur, Polda Lampung bersama Tim Terpadu sedang menjalankan proses penyelidikan terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur.

Tekan Penyebaran Wabah DBD, Polda Lampung Gencarkan Fogging ke Sejumlah Titik

Kapolres Lampung Timur, AKBP M Rizal Muchtar, pada Jumat (6/10), menjelaskan bahwa Tim Terpadu Satgas Karhutla terdiri dari personil kepolisian yang dibantu oleh petugas dari Taman Nasional Way Kambas.

Satgas Karhutla sedang melakukan pemetaan titik-titik hotspot, luas wilayah, dan menyelidiki apakah ada unsur kesengajaan yang menyebabkan kebakaran di kawasan hutan lindung Taman Nasional Way Kambas, Kabupaten Lampung Timur.

Pejabat Potong Tumpeng, Warga Tebar Ikan Lele di Jalan Berlubang Rayakan HUT Lampung Timur ke-25

"Satgas Karhutla sedang bekerja untuk menyelidiki serta mengungkap faktor utama yang memicu kebakaran di dalam kawasan hutan TNWK Lampung Timur, apakah ada unsur kesengajaan atau tidak," terangnya.

Ini Strategi Polda Lampung yang Sukses Atasi Arus Balik Lebaran 2024

Kapolres juga menghimbau masyarakat, khususnya yang berada di kawasan penyangga TNWK, melalui Bhabinkamtibmas untuk berperan serta menjaga kelestarian kawasan Hutan Lindung Taman Nasional Way Kambas.

"Melalui Bhabinkamtibmas, kami juga telah melakukan sosialisasi dan himbauan untuk tidak sembarangan membuang puntung rokok atau membakar sampah. Kondisi musim kemarau saat ini sangat berpotensi mengakibatkan terjadinya kebakaran," ucap Kapolres.

Halaman Selanjutnya
img_title