Mitra Bentala Bersama Multipihak Bahas Dampak Buruk Perubahan Iklim Disektor Pertanian

Pertemuan Multipihak dalam mengatasi dampak buruk perubahan iklim
Sumber :
  • Istimewa

LampungMitra Bentala bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pesawaran dan instansi terkait telah mengadakan pertemuan Multipihak Segmen Privat Sektor dan Media dalam upaya mengatasi dampak buruk perubahan iklim.

PAN Terima Pendaftaran Iqbal Ardiansyah sebagai Calon Wali Kota Bandar Lampung

Direktur Mitra Bentala Provinsi Lampung, Ahmad Rizani, SP, menjelaskan bahwa Program Voice for Inclusiveness Klimate Resilience Action (VICRA) adalah hasil kolaborasi dari 9 Organisasi Masyarakat Sipil (CSO) yang berasal dari 4 provinsi, yaitu Sumatera Barat, Lampung, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Program ini bertujuan untuk mengatasi dampak perubahan iklim di sektor pertanian serta melibatkan kelompok rentan (Inklusif) untuk berpartisipasi dalam program perubahan iklim.

KPAI Minta Blokir Game Online, Fitria: Banyak Game Edukatif, Perlu Kontrol Orang Tua

"Untuk mendukung (program) itu, telah dilakukan beberapa kegiatan dan even yang melibatkan berbagai pihak, baik tingkat Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung dan tingkat pemerintah pusat," ujarnya saat berbicara di ruang pertemuan Bappeda Pesawaran pada Rabu (20/9).

Ia juga menekankan pentingnya keterlibatan berbagai pihak melalui kolaborasi untuk membangun sinergi dalam upaya mengurangi dampak buruk perubahan iklim sesuai dengan peran masing-masing.

Peduli Pembinaan Generasi Muda, Kodim 0429/Lamtim Gelar Kodam II/Sriwijaya Masuk Kampus

Kepala Bappeda Kabupaten Pesawaran, Adhitya Hidayat, S.Sos, M.Eng, juga menyampaikan bahwa ada beberapa permasalahan dan kerentanan terkait perubahan iklim, seperti kekeringan, rob di wilayah pesisir, dan isu ketahanan pangan. Isu-isu ini merupakan hasil kesepakatan dari konsultasi publik dalam Kerangka Lebih Jauh dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (KLHS RPJMD) 2021-2026.

Adhitya menjelaskan bahwa salah satu isu yang menjadi perhatian adalah menurunnya tingkat ketahanan pangan di Kabupaten Pesawaran. Meskipun Kabupaten Pesawaran memiliki 13 ribu hektar lahan pertanian di tiga kecamatan berdasarkan peraturan daerah tahun 2021, kondisinya belum optimal.

Halaman Selanjutnya
img_title