Itera Meluluskan 736 Sarjana dalam Wisuda Periode ke-19, Serukan Solidaritas untuk Palestina

Institut Teknologi Sumatera (Itera) menggelar upacara wisuda ke 19.
Sumber :
  • Istimewa

Lampung Selatan, LampungInstitut Teknologi Sumatera (Itera) menggelar upacara wisuda untuk Program Sarjana dan Pascasarjana periode ke-19 di auditorium Kampus Itera.

Acara yang dihadiri oleh 736 lulusan ini dipimpin langsung oleh Rektor Itera, Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, yang juga mengambil bagian dalam mengikrarkan janji alumni.

Riuhnya acara wisuda kali ini tidak hanya didominasi oleh momen penghargaan akademik, tetapi juga dengan aksi solidaritas kemanusiaan.

Sebagai simbol dukungan perdamaian di Palestina, seluruh wisudawan dan pimpinan Itera mengibarkan bendera Palestina di akhir sesi wisuda.

Rektor Itera dalam sambutannya menegaskan pentingnya solidaritas global dalam menanggapi tragedi kemanusiaan yang sedang berlangsung di Palestina.

Dalam sambutannya, Rektor Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha menyampaikan rasa syukur dan bangga atas pencapaian para wisudawan.

"Kami yakin dengan bekal ilmu dan keterampilan yang saudara peroleh, saudara-saudara akan mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan negeri ini," ujar Rektor.

Sebanyak 736 lulusan ini terdiri dari berbagai fakultas, dengan rincian 136 lulusan dari Fakultas Sains, 286 lulusan dari Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, serta 314 lulusan dari Fakultas Teknologi Industri.

Di antara mereka, tiga wisudawan meraih penghargaan sebagai wisudawan terbaik dengan IPK tertinggi.

Wiedad Diyaulhaq dari Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota serta Atika Kurnia Syifa dari Teknik Lingkungan masing-masing meraih IPK 3,91, sementara Mitha Patricia dari Sains Aktuaria dengan IPK 3,89.

Rektor juga menekankan komitmen Itera dalam menghasilkan SDM unggul melalui program akademik yang terkini, sesuai dengan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kurikulum yang berbasis pada konsep tersebut telah secara aktif diterapkan untuk memastikan bahwa lulusan Itera siap menghadapi tuntutan zaman.

Di akhir sambutannya, Rektor mengajak para wisudawan untuk senantiasa menjaga nama baik Itera di manapun mereka berada, serta aktif dalam Ikatan Alumni Itera untuk memelihara jalinan silaturahmi sesama alumni dan almamater kampus.

Sebelumnya, sikap solidaritas Itera terhadap perjuangan rakyat Palestina telah ditegaskan melalui berbagai kegiatan, termasuk pembacaan pernyataan sikap yang dipimpin langsung oleh Rektor pada bulan Mei lalu.

Aksi hari ini adalah kelanjutan dari komitmen Itera dalam mendukung perdamaian global dan kemanusiaan universal.

Acara wisuda ini tidak hanya menjadi tonggak sejarah bagi para lulusan Itera, tetapi juga menandai komitmen mereka dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi bangsa dan dunia.(*)