Ratusan Pengurus Truk di Bakauheni Lampung Selatan Blokade Jalan Lintas Sumatera

Ratusan pengurus penyeberangan truk menggelar aksi demonstrasi.
Sumber :
  • Lampung.viva

Lampung Selatan, Lampung – Ratusan pengurus truk di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, melakukan aksi blokade Jalan Lintas Sumatera pada Jumat (20/6/2024). Aksi ini menyebabkan kemacetan panjang dan ratusan truk tertahan hingga 2 jam lebih.

Massa aksi menuntut pihak ASDP dan BPTD untuk memfasilitasi ruang aktivitas jasa penyeberangan di area pelabuhan. Mereka merasa peraturan baru yang dibuat oleh kedua instansi tersebut mempersulit akses masuk pelabuhan dan mengancam mata pencaharian mereka.

Aksi blokade ini dilakukan di perempatan Pasar Bakauheni. Massa memblokade jalan dan menahan truk perusahaan masing-masing yang akan menyebrang ke Pulau Jawa. Akibatnya, aktivitas pelayaran sempat lumpuh selama beberapa waktu.

Pendemo sempat merangsek ke area pelabuhan, namun berhasil dibubarkan oleh pihak kepolisian. Untuk menghindari kemacetan, polisi kemudian membawa beberapa perwakilan pendemo untuk berdiskusi dengan pihak ASDP, BPTD, dan stakeholder pelabuhan.

Namun, diskusi tersebut tidak membuahkan hasil karena kedua pihak sama-sama mempertahankan argumen mereka. Akhirnya, pendemo kembali melakukan aksi karena merasa tuntutan mereka belum terpenuhi.

Hingga berita ini diturunkan, aksi blokade masih berlangsung. Pihak kepolisian masih berusaha untuk berdialog dengan para pendemo untuk mencari solusi terbaik.(*)