Melihat Peluang Mirza Duet dengan Jihan di Pilgub Lampung 2024, Pengamat : Sasar Pemilih Muda

Rahmat Mirzani Djausal bertemu dengan Jihan Nurlela.
Sumber :
  • Instagram @mirzano

Bandar Lampung, Lampung – Suhu politik dalam pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 2024 mulai memunculkan teka-teki pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Lampung yang akan bertarung.

Hal itu makin terlihat pasca Rahmat Mirzani Djausal dan Jihan Nurlela pamer foto di media sosial lagi ngopi bareng di kafe beberapa waktu lalu.

Anggota DPD RI, Jihan Nurlela digadang-gadang menjadi bakal Wakil Gubernur Lampung berpasangan dengan Rahmat Mirzani Djausal pada Pilkada Lampung 2024.

Duet calon gubernur dan wakil gubernur Lampung Rahmad Mirzani Djausal-Jihan Nurlela bakal menyasar pemilih muda. Hal itu dapat dilihat dari usia mereka yang lebih muda jika dibanding dengan kandidat lainnya yang saat ini beredar di masyarakat.

Hal tersebut dikatakan pengamat politik Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Dr. Fathul Mu'in. Menurutnya, jika duet ini terjadi maka Pilgub Lampung 2024 akan sangat menarik.

Saat ini, Mirza adalah Anggota DPRD Lampung dan Jihan Nurlela adalah anggota DPD asal Lampung.

"Dari sisi usia mereka mewakili kaum muda. Duet ini juga juga sengaja dibangun karena jumlah pemilih muda lebih banyak dari pemilih tua,' kata Fathul Mu'in, kepada Lampung.viva.co.id, Minggu (2/6/2024).

Duet ini juga tidak bisa dianggap remeh. Sebab, Gerindra adalah pemenang pemilu di Lampung. Sedangkan Jihan Nurlela juga merupakan senator peraih suara terbanyak dalam pemilu 2019 dan 2024.

"Namun apakah duet ini akan menang belum tentu. Tergantung mesin partai, strategi kampanye dan program yang ditawarkan," jelas Sekretaris Prodi Hukum Tatanegara tersebut.

Pihaknya mendorong, para pimpinan partai maupun ormas untuk mencalonkan diri dalam Pilgub mendatang.

Dia menilai semakin banyak bakal calon yang bertarung dalam kontestasi di Pemilihan Kepala Daerah  pada 27 Nopember 2024 akan semakin baik dalam konteks membangun demokrasi di wilayah itu.

"Semakin banyak calon yang maju akan semakin baik bagi demokrasi kita," kata doktor muda tersebut.

Untuk diketahui, selain Rahmat Mirzani Djausal yang mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur Lampung terdapat beberapa nama lain maju di Pilgub Lampung 2024.

Diantaranya, Petahana Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Ketua Nasdem Lampung, Herman HN, kemudian Anggota DPR RI Hanan A Rozak dan dan Ketua Bappilu PDI Perjuangan Lampung Umar Ahmad.(*)

Aktivis 98 Minta Cagub Lampung Rahmat Mirzani Djausal Usung Visi Misi Prabowo-Gibran