Gaya Hidup Bisa Pengaruhi Kesehatan Kulit Ungkap Dokter Spesialis Kulit

Ilustrasi Kesehatan Kulit
Sumber :
  • iStockphoto

VIVA Lampung, Kesehatan – Dokter spesialis kulit dan kelamin yang juga anggota dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK mengungkapkan bahwa gaya hidup yang sehat dapat berpengaruh terhadap kesehatan kulit seseorang. 

Pakai Super Puma, Presiden Jokowi Kunjungan Kerja ke Lampung selama 2 Hari

Menurut Dewi, menjaga kesehatan kulit tidak cukup hanya dengan menggunakan produk perawatan kulit, tetapi juga harus didukung oleh gaya hidup yang baik.

"Tentunya bukan cuma apa yang kita aplikasikan ke badan kita. Dari gaya hidup juga harus baik," kata Dewi dikutip dari ANTARA, Selasa (9/5/2023).

Inovasi Produk Kecantikan: Masker Organik Berbahan Alami dengan Sentuhan Teknologi

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendukung kesehatan kulit antara lain adalah dengan mencukupi asupan air putih, mengurangi konsumsi karbohidrat, serta menghindari makanan atau minuman manis seperti sirop atau boba. Dewi juga menyarankan agar seseorang istirahat yang cukup dan meminimalisir stres.

Selain itu, menjaga kesehatan kulit juga dapat dilakukan dari luar, yaitu dengan mandi dua kali sehari menggunakan sabun yang sesuai dengan kebutuhan jenis kulit masing-masing. Setelah mandi, penggunaan pelembap kulit dan tabir surya pada area terbuka juga sangat dianjurkan, terutama jika seseorang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan sehari-hari.

Polda Lampung Gencar Awasi Penjualan Hewan Kurban, Cegah Penipuan dan Jaga Kesehatan Hewan

Dewi menjelaskan ciri-ciri dari kulit yang sehat adalah terasa lembut dan warna kulit merata. Namun, Dewi juga mengingatkan bahwa warna kulit yang tidak merata masih bisa dianggap wajar, seperti misalnya jika seseorang sering mengendarai motor sehingga warna kulit tangan lebih gelap dibanding area lainnya.

“Kalau kita mau lihat kulit kita sehat atau tidak, itu pertama biasanya teksturnya lembut. Kedua, biasanya warna kulitnya merata," kata Dewi.

Halaman Selanjutnya
img_title