Ribuan Lampion Diterbangkan Menutup Rangkaian Perayaan Waisak di Borobudur

Festival Lampion Waisak 2023
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Anis Efizudin

VIVA Lampung, Nasional – Sebanyak 2567 lampion diterbangkan di area Marga Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada Minggu malam sebagai penutup rangkaian perayaan Waisak 2567 BE/2023.

Polres Lampung Barat Terapkan Sistem Buka Tutup Arus di Lokasi Longsor Km 17 Kubu Perahu

Salah satu panitia, Agus Jaya, menyampaikan bahwa penerbangan lampion dilakukan dalam dua sesi, yaitu sesi pertama pada pukul 19.15 WIB dan sesi kedua pada pukul 22.00 WIB.

Ia menyatakan bahwa dalam upacara pelepasan lampion tersebut terkandung harapan dan doa baik bagi peserta serta untuk bangsa Indonesia, agar tetap damai, rukun, dan membuat bangsa ini lebih maju.

Tempat Wisata Kuliner di Jalan Tol Trans Sumatera Yang Perlu Dikunjungi Selama Libur Lebaran

"Dengan melepas lampion melakukan permohonan doa supaya ke depan kehidupan pribadi menuju," ujarnya.

Pesona Wisata Panas Bumi Suoh Lampung Barat

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang hadir dalam acara Dharma Santi Waisak Nasional, menyampaikan bahwa sekitar 10 tahun yang lalu, orang datang ke Borobudur dengan berbagai keinginan.

"Sebagian besar adalah ingin wisata, tetapi sebagian yang lain ingin ibadah dan saat itu saya ingat betul, coba kita membayangkan, kalau sebagian umat khususnya saudara kita dari agama Buddha lebih banyak di sini tentu sesuatu yg dinanti-nantikan," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title