Desain Bertema Pohon Hayat Terpilih Sebagai Logo IKN Nusantara, Ini Maknanya

Logo IKN Nusantara
Sumber :
  • ikn.go.id

VIVA Lampung, Nasional – Presiden RI Joko Widodo mengumumkan bahwa desain bertema pohon hayat, yang didesain oleh Aulia Akbar, telah terpilih sebagai logo Ibu Kota Negara Nusantara (IKN Nusantara) berdasarkan hasil sayembara yang diadakan. Pengumuman ini dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (30/5)

KH Ahmad Hanafiah, Pejuang Kemerdekaan Asal Lampung Resmi Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

"Logo yang terpilih bertema pohon hayat, yang didesain oleh Mas Aulia Akbar," kata Jokowi saat mengumumkan hasil sayembara logo IKN.

Dilansir dari laman ikn.go.id, logo ini memiliki perincian yang menggambarkan makna simbolis. Terdapat lima akar di bagian bawah yang melambangkan Pancasila, tujuh batang di bagian tengah yang mewakili tujuh pulau besar di Indonesia, dan bunga dengan 17 kelopak di bagian atas yang mewakili tanggal kemerdekaan RI.

Peringati Hari Batik, ACCOR Group Adakan Karnaval Batik Nusantara di Novotel Lampung

Rancangan Nusantara ini disuarakan oleh font "IKN Sutasoma" yang terinspirasi oleh aksara Pallawa, salah satu aksara tertua di Asia Tenggara yang ditemukan di Kutai, Kalimantan. 

Identitas visual IKN Nusantara, rancang bentuk universal namun mengakar, terbalut dalam bentuk yang merayakan kemerdekaan peradaban baru Indonesia.

"Sekar Handycraft", diresmikan BSI New Normal dan CCEP Indonesia Guna Kurangi Dampak Globalisasi

Makna Logo IKN Nusantara Pohon Hayat

Photo :
  • ikn.go.id

Presiden Jokowi berharap bahwa logo bertema pohon hayat ini akan menjadi sumber inspirasi bagi IKN Nusantara untuk menciptakan tempat kehidupan baru dan menjadi simbol kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia di masa depan. Ia juga menganggap bahwa logo pohon hayat memiliki filosofi yang sejalan dengan pembangunan IKN Nusantara.

Halaman Selanjutnya
img_title