Ikut Rapat Relawan Pendukung Anies Baswedan, Dokter ASN di Lampung Disanksi KASN

Dokter ASN Jadi Relawan Anies Baswedan
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung, LampungDokter Zam Zanariah, yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM), telah diberikan sanksi oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) karena terlibat dalam kegiatan relawan pendukung calon presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan.

Polresta Bandar Lampung Bekuk Pelaku Spesialis Curanmor DPO Sejak 2023, Modus Cari Target Malam

Dokter Zam Zanariah diberikan sanksi sedang atas pelanggaran yang dilakukannya, yaitu menghadiri rapat relawan Anies Baswedan di Kantor DPW Partai NasDem Lampung pada tanggal 21 Februari 2023.

Ketua KASN, Agus Pramusinto, dalam keterangannya menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam memberikan sanksi kepada dr. Zam.

Tercatat 6.820 Pemudik Menyeberang Melalui Pelabuhan Panjang

Salah satunya adalah bahwa dr. Zam telah menjadi aparatur sipil negara (ASN) selama 20 tahun, sehingga seharusnya dia sudah memahami aturan netralitas pegawai ASN.

"Yang bersangkutan telah menjadi ASN selama 20 tahun sehingga seharusnya dia sudah paham atas aturan tersebut," kata Agus Pramusinto. 

Tiga Kali Beraksi di Bandar Lampung, Hari Indra Ditangkap

Selain itu, menurut Agus, dr. Zam juga memiliki konflik kepentingan antara jabatannya sebagai ASN dengan kepentingan organisasi, yang dapat menyebabkan penyalahgunaan jabatan untuk kepentingan pribadi.

Agus menjelaskan bahwa dr. Zam juga memiliki catatan pelanggaran terhadap netralitasnya sebagai seorang ASN.

Halaman Selanjutnya
img_title