Profil Tayyip Erdogan yang Terpilih Pimpin Turki Untuk Ketiga Kalinya

Profil Tayyip Erdogan
Sumber :
  • Instagram @rterdogan

VIVA LampungRecep Tayyip Erdogan telah terpilih kembali sebagai presiden Turki untuk periode ketiga. Hal ini semakin memperkuat posisinya dalam politik di negara tersebut.

Jelang Pilkada 2024, Kapolres Waykanan Menyapa Tokoh Adat

Meskipun berasal dari latar belakang yang sederhana, Erdogan telah tumbuh menjadi figur politik yang berpengaruh. Ia telah memimpin Turki selama dua dekade dan berhasil mengubah wajah negaranya lebih dari pemimpin mana pun sejak Mustafa Kemal Ataturk, pendiri republik modern yang sangat dihormati di Turki.

Erdogan, yang saat ini berusia 69 tahun, pertama kali terpilih sebagai presiden Turki pada tahun 2014 dan terpilih kembali pada tahun 2018.

Budiman P Mega Siap Maju Pilkada Pringsewu, Setelah Resmi Mundur dari Jabatan Staf Ahli

Hingga saat ini, hanya tiga presiden pertama Turki yang pernah terpilih untuk tiga periode presiden berturut-turut, yaitu pendiri republik Mustafa Kemal Ataturk (1923-1938, empat periode), penggantinya Mustafa Ismet Inonu (1938-1950, empat periode), dan Mahmud Celaleddin 'Celal' Bayar (1950-1960, tiga periode).

Latar belakang dan pendidikan

Mei 2024, PDIP Bandar Lampung Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah

Erdogan lahir di Istanbul pada 26 Februari 1954, dari keluarga seorang perwira Penjaga Pantai di Turki. Ia menghabiskan masa kecilnya di kota Rize di timur laut Turki, tempat orang tuanya menetap setelah pindah dari negara Georgia.

Setelah menyelesaikan sekolah menengah agama, Erdogan melanjutkan pendidikannya di Istanbul dan lulus dari Universitas Marmara pada tahun 1981 dengan gelar di bidang administrasi bisnis.

Halaman Selanjutnya
img_title