Oknum Lurah di Bandarlampung Diduga Pungli Sporadik Tanah

Oknum Lurah Sukadana Ham Diduga Pungli Sporadik Tanah
Sumber :
  • Istimewa

Bandarlampung, Lampung – Oknum lurah Sukadana Ham kota Bandarlampung inisial FS diduga melakukan pungutan liar (pungli) terhadap pengurusan sporadik tanah.

Penjual Es Dugan di Bandar Lampung Diringkus Polisi

Pemilik tanah di Kelurahan Sukadana Ham, Kecamatan Tanjungkarang Barat, Kota Bandar Lampung, Rudi Hartono mengaku dimintai uang sebesar Rp 50 juta oleh pihak kelurahan ketika mengurus sporadik pembuatan sertifikat tanah berukuran 3600 m2.

“Itu saya bayar ke lurahnya. Jadi biayanya beda-beda, satu kavling bisa ukuran 7×12 meter dikenakan biaya Rp 1,5 juta. Kalau luasnya lebih besar biayanya bisa Rp 2 juta per kavling,” kata Rudi Hartono.

Polresta Bandar Lampung Bekuk Pelaku Spesialis Curanmor DPO Sejak 2023, Modus Cari Target Malam

Rudi pun berharap agar Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana menindaklanjuti perihal dugaan pungli pengurusan sporadik yang terjadi di Kelurahan Sukadana Ham tersebut.

“Pungli ini meresahkan dan pasti merugikan masyarakat. Kami juga telah membuat kirim surat keberatan dan mosi tidak percaya yang mana tembusannya ke Camat Tanjung Karang Barat, Walikota Bandar Lampung, Mendagri hingga Presiden RI,” jelasnya.

Tercatat 6.820 Pemudik Menyeberang Melalui Pelabuhan Panjang

Kasus serupa warga lainnya, Suryati juga mengaku dimintai uang untuk mengurus sporadik tanah berukuran 100 m2.

“Saya diminta Rp 500 ribu, namun sporadik nya belum jadi sampai sekarang, alasannya tanah belum jelas, tapi uang yang diminta tak dikembalikan,” kata Suryati.

Halaman Selanjutnya
img_title