Migrasi TV Analog ke Digital Wilayah Lampung Terus di Sosialisasikan

Ilustrasi Televisi Digital
Sumber :
  • freepik.com

Lampung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terus melakukan sosialisasi migrasi siaran televisi (TV) terestrial analog ke digital kepada masyarakat.

"Berdasarkan ketentuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memang kemarin tv analog telah berhenti beroperasi, dan mulai migrasi ke tv digital. Namun saat ini baru di sekitaran Jabodetabek dahulu," kata Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Ganjar Jationo, di Bandarlampung, Kamis (3/10/22).

Dalam pelaksanaan program tersebut pemerintah daerah Lampung terus membantu memberikan sosialisasi pelaksanaan migrasi tv analog ke digital kepada masyarakat dan memfasilitasi penyaluran set top box (STB) bagi masyarakat kurang mampu.

"Teknis penyelenggaraan set top box bagi masyarakat kurang mampu diberikan sesuai data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang penyalurannya langsung dilakukan pemerintah pusat melalui Kantor Pos," katanya.

Sosialisasi migrasi siaran televisi terestrial analog ke digital juga menyasar masyarakat menengah ke atas yang mampu secara ekonomi agar dapat secara mandiri mengalihkan ke tv digital dengan membeli alat STB di toko elektronik.

Selain itu pemerintah daerah Lampung juga sudah menghimbau kepada pemegang hak sewa untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat," tambahnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Lampung Budi Jaya.

"Untuk pemberhentian tv analog di Lampung belum sebab masih dalam tahapan sosialisasi. Di sini ada tiga pemegang perangkat multipleksing (MUX) yang harus memberi subsidi dalam bentuk STB dan saat ini masih dalam proses distribusi," katanya.

Ia menjelaskan distribusi STB kepada masyarakat kurang mampu telah ada di tujuh kabupaten dan kota di Lampung.

Jumlah penyediaan STB sesuai pemegang MUX di Lampung terinci untuk Nusantara TV ada sebanyak 943 unit, Metro TV 21.000 unit, ANTV 10.000 unit. (Ant)

Tanggul Jebol Sebabkan Banjir di Perumahan Citra Garden Bandar Lampung, Wali Kota Panggil Pengelola