Sampai September 2024, Angkutan Barang Divre IV Tanjungkarang Naik 10 persen, Dukung Energi Nasional

Kereta Api batubara
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Istimewa

Bandar Lampung, Lampung – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang mencatatkan kinerja yang mengesankan pada sektor angkutan barang selama periode Januari hingga September 2024. 

KAI Akan Tingkatkan Kecepatan Maksimal Perjalanan Kereta Api Babaranjang

Dengan mengangkut 20.934.241 ton barang, terjadi peningkatan lebih dari 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Sedangkan secara total, KAI mengangkut 50.987.328 ton barang atau meningkat 8 persen dibanding periode yang sama Januari hingga September 2023 sebanyak 47.174.683 ton barang.

Rail Clinic KAI: Layanan Kesehatan Gratis dan Edukasi untuk Warga Ketapang Lampung Utara

Kinerja positif ini terutama didorong oleh tingginya permintaan angkutan batu bara yang mencapai 40.828.696 ton, memenuhi kebutuhan energi nasional.

"Angkutan batu bara mendominasi dengan total 40.828.696 ton atau 80 persen dari keseluruhan angkutan barang KAI. Angkutan batu bara lebih terpusat di Sumatera bagian selatan yang biasanya dibutuhkan untuk mendukung pasokan energi nasional. Dan Divre IV Tanjungkarang mengangkut lebih dari 50 persen batu bara tersebut," kata Azhar Zaki Assjari, Manajer Humas KAI Divre IV Tanjungkarang, Selasa (8/10/2024) dalam keterangan tertulis. 

Hutama Karya : Tarif Jalan Tol Ruas Terpeka Segera Naik, Untuk Tingkatkan Kualitas Layanan

Angkutan barang menggunakan kereta api memiliki berbagai keunggulan seperti ketepatan waktu, keamanan, kapasitas besar, bebas pungutan liar, dan dikelola oleh SDM yang profesional. 

Kelebihan kereta api salah satunya adalah kapasitasnya yang sangat besar. Satu gerbong bisa mengangkut 50 ton atau seukuran 2 truk kontainer. 

Halaman Selanjutnya
img_title