KAI Akan Tingkatkan Kecepatan Maksimal Perjalanan Kereta Api Babaranjang

Kereta Api Babaranjang
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Istimewa

LampungKAI Divre IV Tanjungkarang, sejak bulan Juni 2024, sudah melakukan ujicoba peningkatan kecepatan perjalanan kereta api. Ini dilakukan sebagai program peningkatan kecepatan maksimal perjalanan kereta api Babarajang. 

Sosialisasi Bahaya di Lintasan Sebidang Bandar Lampung, KAI: Kami Telah Menutup 10 Perlintasan Liar

Uji coba peningkatan kecepatan ini dilakukan antara petak jalan Stasiun Tulung Buyut – Stasiun Rejosari dan petak jalan Stasiun Tanjungkarang – Stasiun Tarahan.

“Antara Stasiun Tulung Buyut – Stasiun Rejosari dengan jarak kurang lebih 107 km, peningkatan kecepatan menjadi 75 km perjam, dimana sebelumnya 55 km perjam. Sedangkan antara Stasiun Tanjungkarang – Stasiun Tarahan dengan jarak 19 km, menjadi 40 km perjam yang sebelumnya 30 km perjam,” tutur Azhar Zaki Assjari, Manajer Humas KAI Divre IV Tanjungkarang, Selasa (8/10/2024) dalam keterangan tertulis. 

Warga Srengsem Bandar Lampung Dapat Layanan Kesehatan Gratis di Atas Kereta Api

Dilanjutkan Zaki, peningkatan kecepatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas angkut kereta api di Divre IV Tanjungkarang. 

Sebagai contoh, lintas Stasiun Tanjungkarang – Stasiun Tarahan, saat ini dalam seharinya ada 55 perjalanan KA. Jika kecepatan maksimal ditingkatkan, dalam seharinya perjalanan KA di petak jalan ini bisa menjadi 58 KA.

Lonjakan Penumpang KA Saat Libur Maulid, Divre IV Tanjungkarang Catat 12.857 Pelanggan

“Dengan adanya peningkatan kecepatan maksimal kereta api Babaranjang, kami mengingatkan masyarakat yang berada di sekitar jalur KA untuk lebih waspada dan berhati-hati. Masyarakat juga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di jalur KA,” pinta Zaki. (*)