Dua Pasar yang Diklaim Modern di Bandar Lampung Berdiri, Bagaimana Prospek Perkembangannya?

Kolase Pasar Lebak Budi dan Pasar Pasir Gintung
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Riduan

LampungBandar Lampung kini memiliki dua pasar modern yang berpotensi mengubah lanskap perdagangan di kota yang berjuluk Tapis Berseri ini.

Meriahnya Grebeg Maulid di Bandar Lampung: Saat Ayam dan Elektronik Jadi Hadiah Favorit

Pertama Pasar Lebak Budi, yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Pasir Gintung, resmi memulai operasinya dengan soft opening pada Senin, 29 April 2024 dan grand opening di 3 Mei 2024. 

Pasar ini diklaim sebagai pasar tradisional berkonsep modern pertama di kota ini, menghadirkan inovasi dalam sistem pasar tradisional.

Tipu-Tipu BBM, Modus Pengoplosan Pertalite Berkedok Pertamax Dibongkar di Bandar Lampung

Direktur Pasar Lebak Budi, Yohansyah, mengungkapkan bahwa pasar ini menawarkan 161 lapak dan 48 kios, beroperasi 24 jam untuk melayani pedagang yang berjualan hingga dini hari. 

Dengan luas tanah 8,200 m² dan bangunan 3,700 m², serta area parkir dan jalan seluas 4,300 m², Pasar Lebak Budi dirancang dengan konsep terinspirasi dari Pasar Or Tor Kor di Bangkok, Thailand. 

Bantuan Beras Bagi Nelayan Terkendala Cuaca Buruk di Bandar Lampung

Selain itu, pasar ini menerapkan sistem pembayaran non-tunai melalui QRIS yang didukung oleh Bank Mandiri, mempermudah transaksi bagi pengunjung dan pedagang.

Kemudian, Pasar Pasir Gintung juga telah menarik perhatian besar setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 26 Agustus 2024. 

Halaman Selanjutnya
img_title