Petugas Evakuasi Pengantin Baru yang Tenggelam Saat Memancing di Sungai Semuong Lampung Barat

Petugas mengevakuasi korban tenggelam di Sungai Semuong.
Sumber :
  • Istimewa

Lampung Barat, LampungTim SAR gabungan mengevakuasi jasad Manza Antoni (25), seorang pengantin baru yang dilaporkan tenggelam saat memancing di aliran sungai Semuong, pada Kamis (2/5/2024).

Jasad warga Pekon Roworejo, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat ini ditemukan tidak bernyawa di aliran sungai Semuong, sekitar 7 kilometer dari lokasi terpeleset saat memancing, Sabtu (4/5/2024).  

Komandan Pos SAR Tanggamus, Robi Rusli mengatakan bahwa korban berhasil ditemukan pada pukul 14.30 WIB dalam kondisi meninggal dunia pada kordinat 5°19'25"S 104°24'50"E jarak 2,7 Km dari lokasi kejadian.

"Korban bernama Manza Antoni telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan dievakuasi menuju rumah duka," kata Robi.

Kejadian berawal pada hari Kamis (02/05) Sekitar jam 14.00 WIB ada tiga warga dusun Rejomulyo II, Pekon Roworejo pergi memancing ke Sungai Semoung.

Kemudian terjadi salah satu dari mereka terpeleset dan tercebur ke sungai yg berarus deras dan berbatu. Dua rekannya mencoba memberi pertolongan namun tidak berhasil.

Selanjutnya masyarakat sekitar berupaya melakukan pencarian mandiri terhadap korban dengan menelusuri sungai namun sampai Jumat (03/05) jam 09.00 WIB tanda2 korban belum terlihat.

Kantor Basarnas Lampung mengerahkan 1 tim rescue Pos SAR Tanggamus untuk menuju lokasi dan melakukan pencarian. Pukul 17.45 WIB tim tiba di Pekon Roworejo dan melakukan assessment dengan unsur SAR Gabungan yang terdiri dari Babinsa, Babinkamtibmas, BPBD Lampung Barat, dan masyarakat sekitar.

Setelah assessment, tim SAR Gabungan memutuskan untuk memulai pencarian pada Sabtu (04/05) dikarenakan kurang efektif apabila dilakukan pencarian pada malam hari.

Pada hari Sabtu (04/05) pencarian dimulai pukul 07.00 WIB dengan membagi tim menjadi 2 SRU. SRU I melaksanakan pencarian dengan penyisiran sungai menggunakan APD dan tali safety secara manual dikarenakan banyak batu besar di sungai hingga ke hilir. SRU II melaksanakan penyisiran di sepanjang pinggir sungai. (*)

Tiga Bocah Kakak Beradik di Lampung Timur Tewas Tenggelam di Kolam Ikan

Petugas mengevakuasi korban tenggelam di Sungai Semuong.

Photo :
  • Istimewa