80 Persen Pemudik Telah Kembali ke Pulau Jawa Melalui Pelabuhan Bakauheni

Pemudik pejalan kaki memasuki kapal di Pelabuhan Bakauheni
Sumber :
  • Lampung.viva

Bakauheni, Lampung – Enam hari sesudah hari raya Idul Fitri, 80 persen pemudik telah kembali ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Diperkirakan kepadatan pemudik akan terjadi pada akhir pekan nanti, karena masih ada 20 persen pemudik yang belum kembali.

Berdasarkan data dari pihak ASDP Cabang Bakauheni, sudah ada 1.083.659 penumpang pejalan kaki yang sudah kembali ke Pulau Jawa. Tak jauh berbeda dengan penumpang pejalan kaki, jumlah pemudik kendaraan roda empat atau lebih yang sudah pulang ke Pulau Jawa mencapai 165.586 unit kendaraan atau sudah 90 persen lebih.

Sedangkan perbedaan yang mencolok justru terjadi pada pemudik dengan menggunakan kendaraan roda dua,  yang jumlahnya baru 72.960 atau baru 78 persen.

General Manager ASDP Cabang Bakauheni, Rudi Sunarko mengatakan meski puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni padat namun lancar. Kepadatan kendaraan masih akan terjadi hingga akhir pekan mendatang, mengingat masih ada 20 persen pemudik yang belum kembali ke Pulau Jawa.

"Arus balik angkutan Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni hingga saat ini dalam keadaan aman lancar," kata Rudi, Rabu (17/4/2024).

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan semua pihak memastikan kapasitas layanan tetap bisa menampung volume kendaraan pemudik.

"Puncak arus balik terjadi pada H+3 atau hari Minggu tanggal 14 April 2024. Walaupun padat tetapi masih mengalir dan bisa ditangani dengan baik. Semua dermaga beroperasi semua. Begitu juga dengan kapal, semuanya berjalan lancar," jelas Rudi. (*)

Ini Strategi Polda Lampung yang Sukses Atasi Arus Balik Lebaran 2024

Pemudik pejalan kaki memasuki kapal di Pelabuhan Bakauheni

Photo :
  • Lampung.viva