H+5 Lebaran, Kendaraan Pemudik Lintasi JTTS ruas Terpeka Meningkat 123 Persen

Antrian kendaraan di gerbang tol Kayu Agung Utama, Sumatera Selatan.
Sumber :
  • Dokumentasi Hutama Karya

Lampung Tengah, Lampung – Selama periode Lebaran 2024 sejak 3 hingga 15 April 2024, Hutama Karya mencatat total volume lalu lintas (VLL) kendaraan selama Lebaran 2024 di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Terbanggi Besar - Kayu Agung  (Terpeka) sebanyak 299.475 kendaraan yang melintas mengalami peningkatan sebesar 89 persen dari VLL normal.

Peningkatan itu mencerminkan  mobilitas dan kegiatan perjalanan arus balik Lebaran 2024 di JTTS. "Sedangkan untuk total kendaraan pada puncak arus balik yang melintas dari arah Kayu Agung menuju Terbanggi Besar pada tanggal 13 April 2024 hingga 15 April 2024 tercatat sebanyak 87.854 kendaraan meningkat sebesar 123 persen dari VLL normal," kata Taufiq Hidayat, Branch Manager JTTS Ruas Tol Terpeka PT Hutama Karya (Persero), Selasa (16/4/2024).

Taufiq Hidayat menjelaskan volume lalu lintas kendaraan arus balik Lebaran 2024 yang melintasi JTTS ruas Terpeka masih mengalami peningkatan dibandingkan hari biasa. Namun kondisinya sudah melandai dari puncak arus balik Lebaran.

"Untuk VLL ruas Terpeka hari ini diprediksi masih ada peningkatan jika dibandingkan kondisi normal, namun kondisinya sudah melandai tidak seperti kemarin," jelas Taufiq.

Hutama karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, diantaranya yakni dengan berkendara dengan kecepatan antara 60 – 100 km/jam, pastikan kendaraan tidak melebihi muatan dan over dimensi, Serta tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Untuk memperlancar transaksi di gerbang tol, menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang. (*)

SPKLU Tetap Layani Pengguna Mobil Listrik di Lampung

Antrian kendaraan di gerbang tol Kayu Agung Utama, Sumatera Selatan.

Photo :
  • Dokumentasi Hutama Karya