Cuaca Lampung Sepekan ke Depan Oleh BMKG, Idul Fitri Diprediksi Hujan

Logo BMKG
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Istimewa

Lampung – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG melalui Forecaster On Duty Prakirawan BMKG Radin Inten II Lampung Selatan merilis prakiraan cuaca di Lampung selama sepekan ini di musim Lebaran 2024.

Naik 63 Persen, Kereta Api di Lampung Layani 72.597 Penumpang Lebaran 2024

Menurut BMKG yang pertama ialah informasi dinamika atmosfer, aliran massa udara pada lapisan 3000 feet masih didominasi dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 5 knot-15 knot.

"Terdapat Siklon Tropis OLGA terpantau di bagian Barat Laut Australia yang membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) memanjang dari Bali, Nusa Tenggar Barat dan Nusa Tenggara Timur," tulisnya dikutip melalui rilis pada Senin (8/4/2024). 

Hutama Karya Catat 1,5 Juta Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Selama Mudik Lebaran 2024

Lebih lanjut, terdapat daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi), belokan angin, dan daerah pertemuan angin (konfluensi) di wilayah Lampung.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi/belokan angin tersebut. Kelembaban udara pada lapisan 850, 700, 500 mb terpantau cukup lembab berkisar antara 60% - 95%," jelasnya. 

H+5 Lebaran, Tercatat 546.139 Orang dan 129.161 Kendaraan Pemudik Tinggalkan Sumatera

Anomali SST berkisar antara +0,5 s/d +1,5 °C yang mana terdapat potensi penguapan (penambahan massa uap air) di perairan Lampung. Terdapat labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal di wilayah Lampung.

Kemudian prakiraan cuaca, Forecaster On Duty Prakirawan BMKG Radin Inten II Lampung Selatan secara umum dalam 7 hari ke depan, wilayah Lampung diprakirakan berawan hingga hujan sedang, umumnya pada siang atau malam hari.

Halaman Selanjutnya
img_title