Prediksi Puncak Arus Mudik dan Penerapan Delay System di Pelabuhan Bakauheni

Antrian kendaraan di Pelabuhan Bakauheni
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Riduan

Lampung – Puncak arus mudik di Pelabuhan Bakauheni diprediksi terjadi pada hari Sabtu hingga Minggu atau 6-7 April 2024. 

DBD di Lampung Meningkat Hingga 3.221 Kasus, Kapolda : Cegah dengan 3M Plus

"Prediksi puncak arus mudik itu di hari Sabtu dan Minggu," ungkap Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika saat mengunjungi Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (6/4/2024). 

Lebih lanjut disampaikan Kapolda, guna mengantisipasi penumpukan di pelabuhan pihaknya menerapkan delay system atau sistem tunda di rest area Jalan Tol Trans Sumatera untuk mengurai kepadatan kendaraan pemudik yang menuju Pelabuhan Bakauheni.

Ini Strategi Polda Lampung yang Sukses Atasi Arus Balik Lebaran 2024

"Kita sudah menerapkan sebuah standar operasional prosedur (SOP) apabila terjadi penumpukan di Pelabuhan, pada titik tertentu kita lakukan delay system. Jadi, delay system ini untuk menunda kendaraan yang akan menuju ke pelabuhan," kata Kapolda. 

Dilanjutkan Irjen Helmi, selain di rest area pihaknya pun menerapkan di rest area penerapan juga dilakukan di jalan arteri. 

Tercatat 6.820 Pemudik Menyeberang Melalui Pelabuhan Panjang

"Selain, di jalur tol kita juga terapkan di jalur arteri, lintas tengah, lintas barat, lintas timur itu buffer zone kita siapkan," paparnya. 

"Kemudian, di ruas tol rest area itu banyak sekali kita persiapkan kantong-kantong parkir dalam rangka delay sistem. Bagi mereka yang belum punya tiket, kita arahkan di rest area membeli," sambungnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title