Satgas Pangan Polres Tulang Bawang Gelar Operasi Pasar di 9 Lokasi, Stabilkan Harga Bapokting!

Satgas pangan Tulang Bawang cek harga Bapokting.
Sumber :
  • Istimewa

Tulang Bawang, Lampung – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polres Tulang Bawang, Polda Lampung, bersama Dinas Perdagangan dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulang Bawang menggelar operasi pasar di 9 lokasi di Pasar Unit 2, Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya, Kecamatan Banjar Agung, selama 2 hari, dari tanggal 10 hingga 11 Juli 2024.

Operasi pasar ini bertujuan untuk menjaga stabilitas harga, mengecek ketersediaan, mengawasi distribusi, dan mencegah penimbunan bahan pokok dan barang penting (Bapokting). Hal ini dilakukan untuk memastikan masyarakat mendapatkan Bapokting dengan harga yang wajar dan terjangkau.

Menurut Kapolres Tulang Bawang, AKBP James H Hutajulu, operasi pasar ini berhasil memastikan ketersediaan Bapokting di pasaran stabil dan tercukupi. Salah satu contohnya, harga minyak goreng merek Minyakita kemasan 1 liter tetap stabil di Rp 16.000,-.

"Dari hasil pengecekan, untuk ketersediaan barang kebutuhan pokok dan barang penting (Bapokting) stabil serta tercukupi, sedangkan untuk harga minyak goreng merek Miyakita kemasan 1 liter Rp 16.000,- (enam belas ribu rupiah)," papar perwira peraih Adhi Makayasa Akpol 2004.

Lebih lanjut, AKBP James menghimbau masyarakat untuk bersama-sama mendukung upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas harga dan keamanan investasi. Dengan demikian, perekonomian Indonesia dapat terus bertumbuh menuju Indonesia Emas.

Kapolres menerangkan, ada 3 (tiga) tujuan dilaksanakannya operasi pasar oleh Satgas Pangan Polres Tulang Bawang bersama-sama dengan dinas terkait yang di pusatkan di Pasar Unit 2, yakni :

Pertama, menjaga kestabilan harga, mengecek ketersediaan (stock), serta mengawasi kelancaran distribusi Bapokting.

Kedua, menjamin tidak terjadinya penimbunan Bapokting yang dapat mengakibatkan kelangkaan dan kenaikan harga.

Ketiga, menjamin keamanan serta kepastian berusaha dan investasi guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Apabila Bapokting tersedia dalam jumlah besar dan distribusinya lancar, harganya akan stabil sehingga masyarakat tidak akan dirugikan oleh ulah oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menaikkan harga Bapokting melebihi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah," terang perwira dengan melati dua dipundaknya.(*)