Kota Metro Lampung Punya Toko Pengendali Inflasi Untuk Stabilkan Harga Pangan

INOVASI TPID KOTA METRO BENTUK TOKO 'MAPAN'
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Riduan

Lampung – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Metro berupaya memastikan inflasi terjaga dalam sasaran 2,5±1% dengan membentuk Toko Pengendalian Inflasi. 

Inflasi Lampung 2024 Diperkirakan Lebih Rendah dan Stabil Dibanding Tahun 2023

Pembentukan toko yang disebut Toko Mapan (Metro Maju Antisipatif Pengendalian Harga Pangan) ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan untuk masyarakat dengan harga yang wajar dan tidak bertentangan dengan HET.

Walikota Metro, Wahdi menjelaskan bahwa Kota Metro bukan daerah produsen bahan pangan, akan tetapi memiliki kedekatan dengan para distributor. 

Inflasi Lampung Mei 2024 Kenaikan Harga Makanan-tembakau jadi Pemicu

"Oleh sebab itu, kita perkuat kemitraan dengan para distributor dan bentuk Toko MAPAN agar masyarakat dapat dengan mudah menjangkau bahan pangan dengan harga yang murah dan wajar,” kata Walikota pada acara Grand Opening Toko Mapan di Pasar Cendrawasih, Kota Metro, Jum’at (28/06). 

Sementara itu, Bank Indonesia turut mendukung pembentukan Toko MAPAN sebagai inovasi dan langkah konkret pengendalian inflasi TPID Kota Metro. 

Genbi Membangun Desa, Dalam Rangkaian Belajar Asik di Desa Marga Kaya Lampung Selatan

Opening Ceremoni pembukaan Toko Mapan

Photo :
  • Foto Dokumentasi Riduan

Sinergi TPID se-Provinsi Lampung yang semakin baik mendukung penguatan stabilisasi laju inflasi yang pada Mei 2024 tercatat 3,09% (yoy). Namun demikian, inovasi TPID sangat diperlukan untuk memitigasi risiko instabilitas ke depan.

Halaman Selanjutnya
img_title