Presiden Joko Widodo Sambut Pemimpin Negara dan Resmi Buka KTT Ke-42 ASEAN

Presiden Joko Widodo Resmi Buka KTT Ke-42 ASEAN
Sumber :
  • Antara

VIVA Lampung, Nasioal – Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan para kepala negara di tempat KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu. Berdiri di depan lobi Hotel Meruorah yang menjadi lokasi pertemuan puncak, Presiden Jokowi menyambut, bersalaman, berfoto, dan mempersilakan mereka menunggu sebentar di lobi hotel.

Pesta Sekura Cakak Buah Budaya Warisan Nenek Moyang Khas Lampung Barat

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen adalah pemimpin ASEAN pertama yang tiba di tempat tersebut dan disambut oleh Presiden Jokowi. Selanjutnya, PM Laos Sonexay Siphandone, PM Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr., Sultan Brunei Hassanal Bolikah, PM Timor Leste Taur Matan Ruak, PM Singapura Lee Hsien Loong, Wakil PM dan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai, dan PM Vietnam Pham Minh Chinh tiba secara berurutan.

Dari semua negara anggota ASEAN, hanya Thailand dan Myanmar yang absen dari KTT ASEAN ke-42. PM Thailand Prayut Chan-o-cha tidak hadir karena negara itu sedang mempersiapkan pemilihan umum yang dijadwalkan pada 14 Mei 2023.

KH Ahmad Hanafiah, Pejuang Kemerdekaan Asal Lampung Resmi Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Sementara itu, Myanmar tidak diundang secara politis ke KTT, melanjutkan praktik mengecualikan junta Myanmar dari pertemuan tingkat tinggi. dari organisasi daerah.

Presiden Jokowi Sambut Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak

Photo :
  • Antara
Mahfud MD: Hindari Golput di Pemilu 2024, Pilih Pemimpin yang Lebih Sedikit Kejelekannya

Ini karena militer gagal mengimplementasikan Konsensus Lima Poin, sebuah rencana perdamaian yang diprakarsai oleh para pemimpin ASEAN pada April 2021 untuk membantu mengakhiri konflik di Myanmar. Sementara itu, PM Ruak hadir sebagai observer, menyusul status mereka sebagai anggota ke-11 ASEAN yang diterima para pemimpin Asia Tenggara di Phnom Penh, Kamboja, tahun lalu.

Keanggotaan Timor Leste juga dibahas dalam KTT ASEAN ke-42, dimana Keketuaan ASEAN Indonesia tahun 2023 difokuskan untuk menyusun roadmap Timor Leste menjadi anggota penuh. Usai menyambut seluruh pemimpin ASEAN yang berpartisipasi beserta perwakilannya, Presiden Jokowi berbincang singkat dengan mereka di lobby hotel.

Halaman Selanjutnya
img_title